Sebanyak 16 anggota Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Maluku mengikuti jambore tingkat dunia 2023 di Korea Selatan yang dilepas oleh Gubernur Maluku Murad Ismail.

"16 orang anggota terpilih ini akan mengikuti  Jambore Pramuka Dunia ke-25 (25th World Scout Jambore) di Saemangeum Korea Selatan, pada 1-12 Agustus 2023," ujar Gubernur Murad saat upacara pelepasan di Ambon, Rabu.

Menurut dia hal tersebut berdasarkan pada rekomendasi Kwarda Maluku Nomor 07/25-A tentang Pelaksanaan Kegiatan Jambore Dunia ke-25 2023 di Korea Selatan.

Atas nama Pemerintah Provinsi Maluku dan juga selaku Ketua Mabida Gerakan Pramuka Maluku Gubernur Murad menyampaikan keikutsertaan tersebut harus dapat dimanfaatkan oleh para peserta jambore untuk membangun ikatan persaudaraan dan kekeluargaan dengan seluruh peserta jambore sedunia

"Selamat kepada adik-adik anggota pramuka yang telah terpilih untuk mengikuti kegiatan Jambore Dunia ke-25 di Korea Selatan," ujarnya.

Melalui ajang tersebut juga diharapkan 16 anggota Kwarda perwakilan Maluku dapat turut serta memperkenalkan Indonesia, khususnya Provinsi Maluku, baik dari aspek sosial, ekonomi, budaya dan pariwisata.

Gubernur juga meminta kepada 16 peserta jambore dari Maluku agar dapat menaati seluruh norma dan tata aturan yang berlaku, serta menjaga nama baik dan wibawa Provinsi Maluku.

“Saya berharap kepada pengurus Kwarda Maluku, agar dapat mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan selama mengikuti kegiatan Jambore ini. Saya pastikan Pemerintah Daerah Provinsi Maluku akan mendukung dan menaruh perhatian serius terhadap semua organisasi, pendidikan, termasuk Gerakan Pramuka," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, 16 anggota Pramuka asal Provinsi Maluku akan bergabung dengan r anggota Pramuka dari seluruh Indonesia guna mengikuti Jambore Dunia. Indonesia akan mengikutsertakan 1.700 anggota Pramuka pada jambore yang diikuti 25 negara. 

Sebelumnya pada Musyawarah daerah Kwarda Maluku yang bertema Optimalisasi Peran Gerakan Pramuka Kwarda Maluku menghadapi Era Society 5.0, Ketua Kwarda Maluku Widya Pratiwi mengatakan, untuk solidnya kerja sama serta lancarnya komunikasi dan koordinasi, dia memohon dukungan  demi keberhasilan perwakilan Indonesia pada jambore tersebut.

“Dan tentunya alhamdulilah juga kegiatan Kwarda selama ini selalu saya ikuti dan akan terus saya dukung  kakak-kakak semua demi memastikan generasi muda di Maluku bisa lebih baik, karakter mental, kepribadian melalui pembinaan Kepramukaan,” ujar Widya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023