Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman menyerahkan santunan Jaminan Kematian (JKM) dan Beasiswa BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris pegawai tidak tetap (PTT) pemerintah kota setempat.

"Penyerahan ini merupakan bentuk perhatian dan perlindungan pemerintah melalui BPJS Ketenagakerjaan terhadap tenaga kerja yang bertugas di lingkungan Pemerintah Kota Ternate," kata dia setelah penyerahan santunan tersebut di Ternate, Provinsi Maluku Utara, Rabu.

Santunan dan beasiswa Rp373 juta diberikan kepada tiga ahli waris PTT Pemkot Ternate.

Ia berharap, biaya tanggungan BPJS Ketenagakerjaan yang diterima ahli waris dapat membantu kebutuhan mereka.

"Semoga biaya tanggungan BPJS Ketenagakerjaan ini dapat membantu kebutuhan ahli waris yang ditinggalkan," kata dia.

Untuk memberi perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian BPJS Ketenagakerjaan, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Ternate telah mendaftarkan 2.450 pegawai non-ASN/PTT pemkot setempat dalam Program JKN dan Beasiswa.

Pemberian jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian bagi pegawai non-ASN/PTT, merupakan komitmen Pemerintah Kota Ternate untuk memberikan perlindungan kepada mereka yang mengabdi bagi kepentingan masyarakat dan pemkot setempat.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ternate Arief Sabara menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Ternate yang telah mendukung pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan di daerah itu.

“Kolaborasi yang baik ini dengan Pemerintah Kota Ternate akan terus kita tingkatkan,” kata dia.

Sebelumnya, ia juga menyampaikan berduka cita atas musibah yang dialami ahli waris dan keluarga PTT Pemkot Ternate.

"Turut berduka atas musibah yang menimpa ini, dan santunan serta beasiswa ini semoga dapat bermanfaat," katanya.

Ia mengajak seluruh pekerja dan badan usaha untuk memastikan diri menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Apapun pekerjaannya, pastikan diri dan ajak masyarakat pekerja di sekitar kita untuk jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan," kata dia.

Salah satu ahli waris penerima santunan saat dikonfirmasi menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman atas perhatian terhadap keluarganya yang menjadi bagian dari Pemerintah Kota Ternate.

"Saya atas nama suami dari almarhumah Nafsiah Ali saya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kota Ternate dan BPJS Ketenagakerjaan bahwa dengan program ini, saya sebagai keluarga almarhumah sangat merasa terbantu dan sangat bermanfaat untuk masa depan anak saya, terima kasih banyak ke wali kota," kata suami almarhumah Nafsiah Ali.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023