Atlet Cabang olahraga Selam Provinsi Maluku berhasil meraih tiga tiket menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara melalui Babak Kualifikasi (BK) PON di Jakarta.

"Sesuai hasil BK PON XXI, PB Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) telah mengeluarkan pemberitahuan kuota PON XXI/21 Aceh - Sumatera Utara. Sesuai pemberitahuan tersebut, Maluku meloloskan tiga atlet,” kata Pelatih Selam Maluku, Pieter Manihin yang dihubungi dari Ambon, Jum'at.

Dikatakannya tiga atlet tersebut masing-masing di nomor Orientasi Bawah Air (OBA) 5 Point Course Putra, OBA 5 Point Course Putri dan OBA M Course Putri.

Menurutnya, hasil yang diperoleh pada BK PON XXI ini tergolong meningkat dibanding PON sebelumnya yang hanya mengantongi satu tiket.

“Tentunya berdasarkan hasil ini, kita akan berkoordinasi dengan KONI Provinsi Maluku untuk melakukan persiapan menuju PON XXI," kata dia.

Manihin menjelaskan, pada nomor M Course Putri, atlet Maluku, Astrid M Teng menempati peringkat 11 dari 30 atlet, sementara Vivi S Pariury di peringkat 23.

“Sementara pada nomor 5 Point Course Putra, atlet Maluku Juan N Karwur juga berada di peringkat 11 dari 40 atlet, sedangkan Asarya Rinsampesi berada di peringkat 19,” tuturnya.

Ia melanjutkan pada nomor 5 Point Course Putri, atlet Maluku Vivi S Pariury berada di peringkat 11 diantara 30 atlet. Sementara Astrid M Teng menempati peringkat 12.

“Pada nomor M Course Putra, Asarya Rinsampesi berada di peringkat 17 dari 40 atlet sedangkan Juan N Karwur berada di peringkat 37," katanya.

Manihin menambahkan di antara empat atlet selam yang dikirimkan KONI Provinsi Maluku ke BK PON XXI tersebut, Astrid M Teng merupakan peraih medali perak nomor OBA 5 Point Course Putri PON XX 2021 di Papua.

Sedangkan Vivi Pariury tercatat pernah meraih medali perak nomor OBA M Course Putri PON XVII /2012 di Riau.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023