PT Pelindo Regional 4 Ternate  mencatat aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, Maluku Utara (Malut) pada semester I  2023 mengalami peningkatan lima  persen seiring pesatnya pembangunan infrastruktur di provinsi itu.

"Kebutuhan infrastruktur dan pangan menjadi pemicu tingginya peningkatan aktivitas bongkar muat di pelabuhan Ternate," kata General Manager PT Pelindo Regional 4 Ternate  Anwar Pae di Ternate, Senin.     

Ia  mencatat, dalam semester I ini kapasitas peti kemas kapal kargo mencapai 24.428 twenty foot equivalent unit atau meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya  22.424  twenty foot equivalent unit.

Anwar  menjelaskan kepadatan penduduk mempengaruhi peningkatan arus barang keluar-masuk ke Kota Ternate, sehingga dilakukan penyesuaian bongkar muat peti kemas dari 12 jam per hari  menjadi 18 hingga 20 jam per hari.

Anwar menambahkan, untuk saat ini, Pelindo Ternate memiliki sejumlah alat bongkar muat seperti tiga tronton, 1 unit forklift, satu unit container crane guna mendukung aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Ternate.

Pada sisi lain  pihaknya telah merevitalisasi terminal penumpang di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, Maluku Utara yang kondisinya saat ini tidak memadai lagi untuk menampung calon penumpang kapal yang akan berangkat dari pelabuhan itu.    

"Saat ini kapasitas ruang tunggu di terminal penumpang Pelabuhan Ahmad Yani Ternate hanya bisa ditampung di terminal itu, hanya bisa 1.000 orang," katanya.

Dia mengatakan  ruang tunggu terminal penumpang di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate  kapasitasnya  terbatas dalam menampung jumlah penumpang dalam skala besar.     

Oleh karena itu, kata Anwar, PT Pelindo Regional Ternate telah menyiapkan anggaran sebesar Rp2 miliar untuk merevitalisasi terminal penumpang Pelabuhan Ahmad Yani Ternate yang akan dikerjakan pada  2023 ini.     

"Kami akan mengubah tampilan di terminal penumpang Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, sehingga dapat terlihat lebih bagus lagi,"ujarnya.     

Ia mengungkapkan revitalisasi terminal penumpang Pelabuhan Ahmad Yani Ternate akan diprioritaskan pada perluasan ruang tunggu dan penyediaan berbagai fasilitas untuk memberi rasa kenyamanan kepada para calon penumpang yang menunggu jadwal keberangkatan kapal.     

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023