Sebanyak 400 siswa-siswi SD, SMP dan SMA/SMK di Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku menerima bantuan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) jalur aspirasi dari Pemerintah Pusat melalui Anggota DPD RI Mirati Dewaningsih.

“Adapun siswa yang menerima beasiswa PIP ini berasal dari SDN 4, SDN 5 Masohi dan SD, SMP, SMA/SMK sederajat yang tersebar di hampir semua kecamatan antara lain, Kecamatan Leihitu, Salahutu, Masohi, Seram Utara Barat, Seram Utara Timur Seti, Seram Utara Timur Kobi, Tehoru, Teluti, Banda dan Seram Utara,” ujar Anggota DPD RI Mirati Dewaningsih dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa siswa penerima beasiswa PIP tersebut sebelumnya telah dimasukkan dalam nominasi penerima dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

“Ada nominasi penerima dan SK pemberian serta juga ada yang batal. Dimana yang batal karena NIP dan NISN yang bermasalah, ada juga yang terdata orang tuanya sebagai PNS dan memiliki gaji diatas Rp4 jutaan," katanya .

Ia melanjutkan, aspirasi yang sama akan diupayakan terealisasi pada tahun-tahun mendatang untuk kabupaten/kota lainnya di Maluku.

"Setelah aspirasi tahun ini selesai akan diupayakan ke kabupaten dan kota lain di Maluku," ungkapnya.

Mira berharap semua yang sudah mendapatkan beasiswa ini dapat bersungguh sungguh dan berdaya guna serta yang belum mendapatkan untuk bersabar dan mendapat peluang di tahun mendatang.

"Untuk siswa yang mendapat beasiswa PIP ini, harapannya bisa membantu kebutuhan siswa pendidikan. Bagi yang belum mendapatnya, semoga bisa bersabar dan harapannya akan mendapat di tahun mendatang,” katanya.

Beasiswa PIP sendiri diberikan kepada peserta didik usia 6 sampai 21 tahun yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membantu biaya personal pendidikan.

Beasiswa ini berupa bantuan uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023