Pengurus Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Maluku mengemukakan bahwa dengan dihelatnya kejuaraan bola voli Kapolri Cup di daerah itu sekaligus jadi wadah penggalian potensi atlet menuju ajang nasional.

"Tim bola voli yang sudah terkonfirmasi ikut dalam ajang ini adalah dari Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat, ada empat dari tim Putra dan dua tim Putri," ujar Ketua Harian Pengurus Provinsi PBVSI  Maluku Afandy Hassanusi di Ambon, Rabu.

Afandy mengaku selaku ketua harian PBVSI Maluku pihaknya bersyukur Kota Ambon dalam hal ini Provinsi Maluku dapat dipercayakan sebagai tuan rumah kejuaraan Bola voli Kapolri Cup 2023.

"Kita bersyukur  Maluku bisa menjadi tuan rumah dan menjadi ajang persiapan pada September juga Maluku menjadi tuan rumah Pra PON nantinya," kata dia.

Ia mengatakan pihaknya pun telah mempersiapkan tim bola voli putra dan putri Maluku melalui latihan yang ketat sejak usai digelarnya Pekan Olahraga Provinsi Maluku (Popmal) IV 2022.

"Untuk tim bola voli kita sudah melakukan pelatihan sejak tiga minggu yang lalu dan berpusat di Wisma Atlet baik itu tim Putra maupun tim Putri yang merupakan hasil daripada pelaksanaan Popmal," tuturnya.

Sementara itu pada Popmal IV 2022, kontingen Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) yang berhasil meraih medali emas.

Para atlet dari kabupaten tersebut pun lantas dipersiapkan menuju Kapolri Cup juga Pra kualifikasi PON nanti.

Disamping itu Polda Maluku sendiri yang dipercaya sebagai penyelenggara mengaku telah siap menyukseskan dan ikut serta dalam kejuaraan tersebut. 

"Kejuaraan tersebut masih dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Bhayangkara yang ke-77," kata Ketua Panitia Kombes Pol Rusdy Pramana Suryanagara.

Ia menambahkan kejuaraan tersebut akan berlangsung 4-8 Agustus di Gedung Sport Hall Karang Panjang Ambon dan bisa ditonton secara gratis oleh siapapun.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023