Ambon (Antara Maluku) - Sebanyak 6.336 siswa Sekolah Menegah Atas ( SLTA) di kota Ambon, Ibu kota Provinsi Maluku, siap mengikuti Ujian Nasional (UN) pada 16- 19 April 2012.

"Seluruh siswa SLTA di Ambon siap mengikuti UN, setelah mengikuti berbagai ujian dan try out di sekolah masing-masing," kata Kadis pendidikan setempat, Benny Kainama, di Ambon, Kamis.

Menurut Benny, jumlah siswa peserta UN 2012 mengalami peningkatan sebesar 10 persen dibandingkan 2011.

"Jumlah peserta mengalami peningkatan 10 persen dibandingkan tahun lalu. Data ini diperoleh setelah kami berkoordinasi dengan pihak sekolah, sehingga dikelurkan Daftar Nominal Tetap (DNT) ," katanya.

Jumlah peserta UN SLTA di Ambon terdiri atas 4.417 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) ,Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 1.639 , Madrasah Aliyah (MA) 279 siswa dan SMA Luar Biasa (SMALB) satu siswa.

Peserta UN tersebar pada beberapa sekolah di Kota Ambon, yakni 32 SMA, 12 SMK, tujuh MA ,satu SMALB.

Ia menjelaskan, pihak sekolah juga melakukan persiapan bagi para siswa, karena standar kelulusan UN 2012 tidak mengalami perubahan.

"Standar kelulusan siswa masih sama pada tahun 2011 yakni 5,05 untuk setiap mata pelajaran, sehingga dibutuhkan kerja sama dari guru maupun orang tua dalam mendampingi siswa," ujar Benny.

Benny menegaskan, pihaknya juga mengimbau siswa untuk menghindari penggunaan kunci jawaban yang disebarkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab menjelang UN

"Kami mengimbau siswa menghindari pengunaan kunci jawaban yang beredar melalui selebaran maupun pesan singkat telepon seluler," katanya.

Ditegaskannya, peran serta sekolah dan orang tua juga dibutuhkan untuk memberikan pemahaman kepada siswa, karena dampaknya besar bagi kepercayaan menghadapi UN.

"Hal teknis seperti ini yang harus menjadi perhatian guru dan orang tua, karena tanpa bimbingan dan dukungan orang tua siswa tidak fokus mempersiapkan diri menghadapi ujian," tandas Benny Kainama.

Ia menambahkan, peserta UN Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan MTS sebanyak 5.912 dan Sekolah Dasar (SD) dan MI 6.048 siswa.

Sedangkan ujian tingkat SMP/MTs dan SMPLB, akan dilaksanakan pada 23 - 26 April, dan jenjang SD/MI/SDLB akan digelar pada 7- 9 Mei 2012.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012