Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara menggelar pelatihan SAR beregu dan satuan di medan ketinggian selama 1-4 Agustus 2023 guna mengasah kemampuan personel dalam melakukan pertolongan.

Kepala Basarnas Ternate Fathur Rahman dihubungi di Ternate, Jumat, mengatakan kegiatan ini untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kompetensi Tim Rescue SAR Ternate di medan ketinggian atau vertikal.

Ia menyebut pentingnya pelatihan tersebut bagi personel penolong, antara lain untuk mengasah kemampuan mereka. Kegiatan diikuti 25 personel.

Dia menyatakan pelatihan dimulai dengan pemberian materi teori di Gedung Serbaguna Basarnas Ternate yang kemudian dilanjutkan dengan praktik di Tebing Sampalo, Kelurahan Jambula, Kota Ternate.

Baca juga: Basarnas gelar pelatihan pertolongan di permukaan air di Maluku Tengah

Materi pelatihan berupa teori dan praktik, seperti sistem lifting, lowering, manajemen tandu, dan medical first responden (MFR). Keterampilan bidang penyelamatan di ketinggian sering dilakukan untuk mengantisipasi beberapa jenis bencana, seperti kecelakaan kendaraan bermotor/mobil masuk jurang dan orang masuk sumur.

"Maka dari tujuan digelarnya pelatihan itu untuk memberikan keterampilan pada 'rescuer' (penolong) untuk menghadapi kecelakaan atau bencana di area ketinggian sehingga bisa maksimal dalam memberikan pelayan SAR yang cepat, tepat, dan profesional," katanya.

Pelatihan tersebut mendatangkan Tim Observer Basarnas Pusat.

Baca juga: Basarnas Ternate gelar rakor dan latihan SAR daerah

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023