Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah (Malteng) melalui Dinas Kominfo melakukan Studi Tiru ke Kota Ambon, Maluku dalam rangka percepatan transformasi digital bidang Komunikasi dan lnformatika guna peningkatan kualitas layanan publik.

Asisten ll Sekretaris Kota Pemkot Ambon, Rina Purmiasa mengatakan, Pemkot Ambon menyambut baik kunjungan dalam rangka berbagi pengetahuan, pengalaman dalam rangka percepatan transformasi digital serta penguatan kualitas layanan publik.

"Dengan transformasi digital dalam pelayanan publik maka akan ada harmonisasi hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat serta menghilangkan saling curiga dari semua pihak dalam konsep membangun daerah," Katanya di Ambon, Jumat.

Ia menjelaskan, dalam bidang pengelolaan informasi dan komunikasi publik saluran komunikasi milik pemerintah daerah yang digunakan yaitu melalui website resmi kota Ambon, serta media sosial, yakni Youtube, FB, IG Twitter dan TikTok.

Pemkot Ambon, melalui Dinas Kominfo dan Persandian, lanjutnya, juga telah memanfaatkan Omnichanel yaitu sistem pengaduan terintegrasi dengan memanfaatkan saluran komunikasi modern untuk pelayanan pengaduan yang lebih efisien.

"Kami juga memiliki fasilitas Command Center yang terintegrasi untuk menyajikan data secara real time dan berfungsi sebagai Dashboard dalam pengambilan keputusan yang mencakup pemantauan 37 titik CCTV dan sejumlah aplikasi monitoring, " katanya.

Pihakanya, berharap kegiatan studi tiru ini menjadi wahana sharing pengetahuan antara Pemkot Ambon dan Pemkab Malteng, sehingga kedepan ada upaya untuk terus melakukan perbaikan sistem, peningkatan mutu, serta perbaikan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Malteng, Hengky Tomasoa mengatakan, kunjungan ke Pemkot Ambon merupakan yang kedua dengan tujuan belajar banyak dari Kominfo Kota Ambon, karena cukup banyak inovasi yang telah dilakukan.

"Mimpi kami dapat mengikuti jejak Kominfo Kota Ambon, sehingga bisa maju dan berdampak positif bagi kemajuan Maluku,"ujarnya.

Ia menambahkan, setelah kembali ke Malteng, beberapa hal prioritas yang akan dilakukan diantaranya penguatan Website Pemerintah daerah, serta membangun jaringan internet.

Anggota Komisi I DPRD Malteng Harley Hataul, berjanji akan mendukung Dinas Kominfo Malteng untuk memiliki fasilitas yang sama, melalui penambahan anggaran Dinas di 2024.

"Kami sangat terkesan dengan Command Center kota Ambon, terutama dengan pemanfaatan CCTV. Hal ini sangat membantu dalam mengatasi masalah sosial, keamanan dan ketertiban, hingga antisipasi bencana, " katanya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023