Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Provinsi Maluku dinyatakan siap tampil maksimal  sebagai pelaksana tugas  upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78  Republik Indonesia.

"Anak-anak sangat antusias, latihannya juga berapi-api selama mereka menjalani masa karantina yang sudah masuk hari ke-17 ini, kesiapan mereka sudah 98 persen saat ini tinggal pemantapan saja," ujar Pelatih Kepala Paskibraka Maluku Levi Huwae di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan Paskibraka Maluku sendiri berjumlah 54 orang yang terdiri atas 27 putra dan 27 putri. Mereka dibagi dalam dua pleton yakni Pancasila sakti dan Pancasila jaya.

"Anak-anak ini dikirim oleh 10 dari 11 kabupaten dan kota yang ada di Maluku. Karena dari Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) tidak mengirimkan wakilnya," kata Levi.

Levi mengatakan ia dan jajaran pelatih yang berasal dari TNI AD, AU, AL, dan Polri sendiri tak menemukan kesulitan yang berarti selama menggembleng tim Paskibraka Maluku kali ini.

"Yang tim pelatih bentuk dari awal adalah bagaimana menghidupkan kekompakan dan membangkitkan jiwa korsa mereka," tuturnya.

Ia melanjutkan adapun kiat-kiat khusus yang dilakukan untuk menjaga kekompakan para remaja yang berasal dari masing-masing latar belakang yang berbeda-beda itu.

"Misalnya saja jika satu orang yang salah kami menerapkan hukuman kepada mereka semua," ucapnya.

Adapun perubahan cuaca secara tiba-tiba di Kota Ambon dalam dua pekan terakhir juga tak menjadi penghalang untuk tim Paskibraka Maluku.

Pasalnya kata dia selama menjalani pendidikan dan latihan (Diklat), mereka diatur dan dijaga dengan ketat selama 24 jam.

"Kami batasi hingga pukul 21.00 WIT mereka sudah harus tidur, kemudian hal-hal yang mengganggu kebugaran dan fokusnya seperti bermain handphone juga kami batasi," kata dia menjelaskan.

Ia pun meminta doa dan dukungan dari segenap masyarakat Provinsi Maluku untuk keberhasilan Paskibraka Maluku 2023.

"Terimakasih kami ucapkan kepada Pemerintah Provinsi Maluku, pihak sekolah, masing-masing kabupaten dan kota, dan tentunya para orang tua. Mohon doa dan dukungan agar Paskibraka Maluku ini dapat menuntaskan tugasnya pada 17 Agustus nanti," katanya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023