Gubernur Maluku Murad Ismail mengemukakan bahwa dengan digelarnya Kongres Pemuda Muslim Maluku di Jakarta dapat meningkatkan kompetensi dan kecerdasan menuju Indonesia Emas 2045.

"Pemuda Muslim Maluku harus memiliki kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual, guna menciptakan pemuda dan pemudi yang berilmu, berakhlak baik dan beriman untuk membangun bangsa," ujar Gubernur Murad dalam keterangan diterima di Ambon, Rabu.

Kongres tersebut digelar bertajuk 'Konsolidasi Pemuda Maluku, Menuju Indonesia Emas tahun 2045',

Gubernur Murad mengatakan, pemerintah daerah menyambut kongres ini sebagai langkah strategis untuk mewujudkan peran generasi muda Muslim Maluku, dalam menggerakkan dan mengembangkan sumber daya pemuda ke depan.

“Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih, kepada Front Pemuda Muslim Maluku (FPMM) atas berbagai kontribusinya selama ini, serta telah menjadi mitra pemerintah, yang terus dan senantiasa bersinergi, untuk membangun masa depan yang damai dan sejahtera," tuturnya.

Sementara itu Ketua Panitia Kongres Abdul Fattah Fasolo, dalam laporannya, menyampaikan bahwa FPMM memiliki tekad kuat untuk menjadi kekuatan positif dalam proses pembangunan negara.

“Organisasi pemuda ini memiliki fokus pada pemikiran dan gagasan yang menghasilkan tindakan berkontribusi dalam pembangunan bangsa. FPMM juga berkomitmen untuk mengembangkan potensi sumber daya alam di wilayah Maluku, termasuk sektor perikanan, pertanian, kehutanan, mineral, dan gas bumi, demi kesejahteraan masyarakat Maluku dan Maluku Utara," katanya menjelaskan.

Ia mengatakan kongres ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahim antarkader FPMM sekaligus merumuskan ide-ide besar yang dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan organisasi, masyarakat Maluku, dan juga bangsa Indonesia.

"Diharapkan kongres ini, bisa menyatukan visi dan misi Pemuda Maluku untuk menyongsong perubahan dalam jangka pendek, terutama di bidang pendidikan dan juga lapangan kerja, menuju Indonesia Emas 2045," ungkapnya.

Kegiatan itu turut dihadiri oleh Menkopolhukam RI Mahfud MD, Menteri Pemuda dan Olahraga RI Dito Ario Tedjo, Penjabat Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono, Sultan Tidore Husain Alting Sjah, Sultan Ternate Hidayatullah Sjah dan tokoh masyarakat setempat.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023