Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara melaporkan, seorang nelayan asal Desa Pandanga, Kabupaten Pulau Morotai yang dilaporkan hilang saat pergi melaut pada Sabtu (26/8) di perairan Pulau Zum-Zum akhirnya ditemukan dalam kondisi selamat.

"Sesuai laporan di lapangan, Tim SAR Gabungan menemukan korban dalam kondisi sehat namun sedikit lemas," kata Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman dihubungi, Senin.

Nelayan asal Pulau Morotai yang  ditemukan selamat itu bernama Mahmur Songa (75 tahun), warga asal Desa Pandanga.

Fathur Rahman mengatakan, pihaknya telah menerjunkan Tim SAR Gabungan sejak Minggu (27/8) sekitar pukul 15.25 WIT, Tim SAR Gabungan yang tiba di titik duga LKP langsung melaksanakan pencarian.

Baca juga: Tim SAR cari seorang nelayan Pulau Buru dilaporkan hilang kontak

Kurang lebih 4 jam melakukan pencarian, pada pukul 18.20 WIT. Tim SAR Gabungan berhasil menemukan korban di sekitar perairan Army Dock Desa Darame atau sekitar 2 NM arah Selatan LKP.

Selanjutnya korban di evakuasi menuju ke kediaman di Desa Pandanga untuk di serahkan kepada pihak keluarga.

Menurut keterangan korban Mahmur, saat itu, dirinya pergi menggunakan perahu sampan saat cuaca buruk korban berlindung di pulau Zum Zum pada pukul 03.00 WIT Sabtu dini hari, kemudian pukul 08.00 WIT pagi korban melanjutkan mendayung ke pulau Dock Army dan akhirnya korban ditemukan oleh tim SAR Gabungan.

Dengan telah ditemukan korban maka operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup. Seluruh unsur yang terlibat dikembalikan ke satuannya masing- masing.


Baca juga: Satu nelayan hilang kontak di Saumlaki ditemukan selamat

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023