Ambon (Antara Maluku) - Molukka Hip-Hop Community (MHC) akan meluncurkan album  "Hip-Hop Maluku - All About Critics", hasil kolaborasinya dengan grup Hip-Hop lain.

Album itu sendiri bisa diunggah secara gratis di Internet, mulai awal Juni 2012.

Mengusung tema kritik sosial, mini album yang berisi tujuh lagu tersebut akan disebarkan melalui blog dan situs-situs jejaring sosial.

"Hip-Hop Maluku - All About Critics adalah mini album yang digarap bersama dengan grup-grup yang tergabung dalam komunitas Hip-hop asal Maluku," kata Hayaka Nendissa dari MHC kepada ANTARA di Ambon, Rabu.

Ia mengatakan, album tersebut merupakan kumpulan lagu-lagu yang berisi kritik terhadap pemerintah, masyarakat, kearifan lokal, budaya, gaya hidup anak muda sekarang, dan lainnya.

Sebelumnya, "Hip-Hop Maluku - All About Critics" direncanakan rilis pada 15 Mei 2012, bersamaan dengan peringatan Hari Pattimura di Maluku. Namun. karena satu dan lain hal, album tersebut baru akan diluncurkan pada awal Juni 2012.

"Kritikan adalah sesuatu pesan untuk perubahan ke arah yang lebih baik, dan kami semua ingin mengambil bagian dari perubahan itu melalui kritik yang kami lontarkan," katanya.

Hayaka menjelaskan, ide untuk membuat album yang yang bisa diunggah secara gratis, dan dikerjakan bersama-sama tersebut, muncul saat MHC menggelar "Gathering For Hip-hop Maluku".

"Kami mengumpulkan lagu-lagu yang dikerjakan oleh grup-grup Hip-hop indie lainnya, digabungkan menjadi satu album dan diluncurkan di internet agar bisa diunggah oleh siapa saja yang ingin menikmati karya anak Maluku," ujarnya.

Menurut dia, bagi seorang seniman apresiasi terhadap karya seni tidak hanya bisa dihargai dengan uang, tetapi ketika karya tersebut bisa dinikmati dan disukai oleh banyak orang, itu menjadi kepuasan tersendiri bagi seniman itu sendiri.

"Kami berharap Hip-hop Maluku bisa terus berkembang dan kualitasnya semakin lebih baik dari yang sebelum-sebelumnya," ucap Hayaka.

MHC merupakan komunitas yang diisi oleh belasan grup dan solo rapper asal Maluku. Mereka terbentuk pada 1 Juli 2008 dan telah menghasilkan puluhan single, yang banyak diedarkan secara gratis di internet.

MHC meluncurkan album pertama "Molukka Island Vibe" melalui internet pada 2010. Album ketiga mereka "Beta Maluku" yang diproduseri oleh penyanyi Glenn Fredly di Jakarta, pada pertengahan Mei 2011.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012