Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon berupaya mengendalikan tingkat inflasi agar tetap terjaga stabil melalui operasi pasar murah.

Berdasarkan indikator pertumbuhan ekonomi tahun 2022 pertumbuhan ekonomi mencapai 5,23 persen, dan laju inflasi kota ambon kondisi Agustus tahun 2023 sebesar 3,08 persen year on year (yoy),Kata Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena.

"Laju inflasi Kota Ambon menurun dibandingkan bulan Juli sebesar 4,29 persen, dimana bulan Agustus merupakan inflasi terendah sepanjang tahun ini," katanya di Ambon, Senin.

Ia mengatakan, berbagai upaya terus dilakukan untuk mengendalikan inflasi operasi pasar murah tidak hanya beras, sejumlah komoditas pangan seperti telur, minyak goreng, gula pasir juga dijual dengan harga di bawah harga pasaran.

Baca juga: Pemkot Ambon serahkan pengelolaan PPI Erie ke Pemprov Maluku

Pemkot Ambon telah melakukan koordinasi dengan Bulog dan distributor untuk melakukan operasi pasar, paling tidak ada subsidi yang dilakukan untuk mendukung kegiatan operasi pasar dalam rangka Ambon pengendalian inflasi.

Operasi pasar katanya juga merupakan upaya menjaga dan mengendalikan inflasi di Kota Ambon, yang saat ini berada di bawah rata-rata nasional.

"Ke depan kita bersama akan terus berupaya untuk mengendalikan laju inflasi sehingga tidak berdampak signifikan terhadap masyarakat,' katanya.

Bodewin mengakui, meski pertumbuhan ekonomi menunjukkan perkembangan positif, tetap dibutuhkan peran Pemerintah untuk menjawab kebutuhan masyarakat melalui kerja nyata.

Sejalan dengan itu, untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat, Pemkot Ambon terus berupaya meningkatkan kerja bersama untuk mewujudkan pelayanan yang optimal, dengan tetap fokus pada perwujudan 5 (lima) kebijakan prioritas tahun 2023 2024.

"Ini pencapaian yang luar biasa setelah kita beberapa bulan sejak 2022 terus ada di atas rata-rata nasional, dan pada Agustus kita di bawah rata- rata nasional semua ini merupakan hasil kerja keras kita bersama," katanya.

Baca juga: Pemkot Ambon siapkan operasi pasar atasi kenaikan harga beras

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023