Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Ambon menggelar workshop pemuda pelopor yang bertujuan meningkatkan kapasitas dan semangat di kalangan pemuda di Kota Ambon.

Kepala dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ambon, Richard Luhukay di Ambon, Kamis, menyatakan, kegiatan workshop pemuda pelopor diselenggarakan dengan tujuan menggelorakan semangat kepeloporan di kalangan pemuda, menemukan pemuda dengan potensi kepeloporan, mewujudkan pemuda yang mampu merintis jalan dan menemukan jalan keluar terhadap berbagai masalah.

Selain itu,  memberikan penghargaan kepada pemuda yang memenuhi persyaratan sebagai pemuda pelopor tingkat nasional.

Ia mengatakan, modal untuk menjadi pemuda pelopor yaitu memiliki sikap jujur dan disiplin serta mendapat dukungan dari orang terdekat dan memiliki kompetensi atau keahlian.

"Melalui kegiatan ini seluruh peserta diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan dengan sebaik-baiknya, belajar untuk mengembangkan prestasi dan keterampilan yang dimiliki," katanya.

Baca juga: Dispora Maluku sebut dana hibah Kwarda 2022 yang benar Rp2 miliar

Ia menyatakan, peran pemuda sebagai agen perubahan dan calon pemimpin masa depan, karena itu pemuda harus memiliki semangat kepeloporan di berbagai seperti bidang sosial, ekonomi dan kebudayaan.

Di setiap perkembangan dan pergantian peradaban selalu ada darah muda yang mempelopori untuk menghimpun para pemuda untuk menyalurkan bakat secara positif, tetapi juga mampu mengembangkan kemampuan inovasi dalam suatu wadah organisasi pemuda di Indonesia.

"Organisasi pemuda pelopor berfungsi sebagai salah satu wahana memecahkan berbagai masalah terkait dengan penguatan karakter pembangunan bangsa dan mengatasi masalah sosial kepemudaan lainnya, karena itu pemuda diharapkan tampil untuk memberikan kontribusi positif kreatif dan inovatif," katanya.

Kegiatan tersebut diikuti 30 peserta workshop pemuda pelopor dengan melibatkan organisasi kepemudaan di Kota Ambon.

Pemuda pelopor adalah pemuda dengan kecerdasan, kreativitas, kemandirian, gotong royong, yang secara konkret menginspirasi pemuda dan masyarakat di sekitar untuk melakukan terobosan, tindakan dan perilaku menjadi suatu karya nyata yang berkualitas dan dilaksanakan secara konsisten yang dirasakan manfaatnya bagi bangsa dan negara.

Baca juga: Dispora tegaskan dana hibah Kwarda Maluku telah diaudit BPK

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023