Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, Maluku Utara (Malut) intensif menyosialisasikan bahaya penggunaan gawai  bagi anak  karena dinilai memiliki banyak dampak buruk.

"Berdasarkan penelitian ada dampak buruk bagi anak yang terpapar HP yaitu  menjadi lebih agresif dan tidak memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik," kata Akademisi Universitas Khairun (Unkhair) Ternate Badrun Ahmad, MT di Ternate, Jumat.

Ia menyampaikan hal itu saat sosialisasi bahaya penggunaan gawai di SD Insantama Ternate dengan pembicara dosen  Program Studi Teknik Sipil Muhammad Taufiq Y.S MT, Badrun Ahmad, M.T, Zulkarnain K. Misbah, M.T sebagai salah satu program pengabdian masyarakat.

Oleh sebab itu  pihaknya  terus menyosialisasikan  bahaya penggunaan HP bagi anak dan mengimbau orang tua  untuk membatasi penggunaan gawai yang berlebihan.

"Kami menyampaikan  materi soal bagaimana memberikan pemahaman kepada anak-anak soal gawai mencegah  ketergantungan, gangguan tidur, dan penurunan aktivitas fisik," kata dia.

Selain itu ia mengingatkan menggunakan gawai terlalu lama juga  dapat mengganggu perkembangan sosial anak, karena  kurang berinteraksi dengan teman sebaya atau anggota keluarga lainnya.

 Badrun berharap lewat sosialisasi yang diberikan dapat  memberikan informasi dan pemahaman agar siswa SD Insantama menyadari bahaya bermain HP  terlalu lama dan mencegah  kecanduan bermain HP. 

Pihaknya juga  mengajak anak-anak SD Insantama untuk menggunakan HP untuk berkomunikasi dengan orang tua atau mempelajari hal-hal yang bermanfaat lainnya.

"Ini penting dilakukan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat agar pelajar  SD menyadari bahwa bermain HP untuk mengakses informasi  yang tidak bermanfaat dan bermain hp berjam-jam adalah berbahaya," ujarnya.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023