Pemerintah Kota  (Pemkot) Ternate, Maluku Utara terus membenahi berbagai objek wisatanya karena selain menjadi pintu masuk provinsi itu dalam mendukung pelaksanaan sarasehan isteri Wali Kota se-Indonesia sekaligus juga untuk menarik minat wisatawan yang berkunjung.

Wali Kota Ternate Muhammad Tauhid Soleman di Ternate, Sabtu mengatakan berbagai objek wisata Ternate saat ini terus dibenahi juga untuk mendukung pelaksanaan Sarasehan Istri Wali Kota se-Indonesia yang dipusatkan di Kota Ternate, 2-4 Oktober 2023.

"Tentunya, sarasehan puluhan istri wali kota di Ternate ini juga akan diikuti ratusan pengunjung, sehingga pembenahan objek wisata terus dibenahi, seperti objek wisata Pandara Kananga, Landmark dan Jembatan Residen," ujarnya.

Dia mengatakan objek wisata Pandara Kananga yang berada di pusat Kota Ternate akan dikunjungi para tamu dari istri Wali Kota se-Indonesia, sehingga berbagai pembenahan infrastruktur terus dilakukan.

Kegiatan sarasehan yang juga akan dihadiri sejumlah wali kota di Indonesia ini merupakan pra musyawarah nasional (Munas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XVII,  akan digelar di lokasi Jembatan Residen Ternate.

Sementara itu Koordinator Meeting Sarasehan, Thamrin Marsaoly mengatakan pra Munas Apeksi yang berlangsung di Kota Ternate 2-4 Oktober 2023 itu akan menentukan waktu pelaksanaan Munas Apeksi serta merumuskan berbagai keputusan melalui Ketua Komisariat Wilayah (Komwil).

"Tentunya, sarasehan ini akan membahas mulai dari pemerintahan, tata kelola daerah, ekonomi, pangan hingga keuangan dan ada enam Komwil dan 16 wali kota akan merekomendasikan rencana Munas Apeksi," ujarnya.

Menurut dia, kegiatan sarasehan itu akan berdampak bagi pengembangan kota yang dipimpin anggota Apeksi di daerahnya masing-masing, terutama dalam pengelolaan tata kelola pemerintahan, ekonomi, dan pangan.

Dia menyebut, panitia Sarasehan Istri Wali Kota se-Indonesia akan persiapkan berbagai fasilitas pendukung dan berbagai lokasi wisata untuk menyambut kedatangan para istri wali kota sebanyak 48 orang di Kota Ternate, 2-4 Oktober 2023.

"Sesuai hasil koordinasi panitia, saat ini tercatat 48 istri wali kota dan pendamping 217 orang. Kami tetap menunggu konfirmasi istri wali kota lainnya dan dipastikan ada penambahan lagi karena jumlah daerah yang mungkin belum terkonfirmasi," ujarnya.

Panitia setempat juga telah mengantisipasi, terutama akomodasi hotel dan mobil, sebab penjemputan dari Bandara Sultan Babullah Ternate langsung ke hotel, telah disediakan sembilan hotel yang dianggap sangat representatif.

"Sedangkan persiapan berbagai lokasi kegiatan seperti panggung malam pentas seni dan gala dinner hingga saat ini mencapai 95 persen," ujarnya.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023