Ternate (Antara Maluku) - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Maluku Utara minta kepada BRI ranting Morotai untuk menyiapkan stok rupiah untuk melayani tamu dan wisatawan di Sail Morotai yang ingin menukarkan uang.

Kepala BI Perwakilan Malut, Marlison Hakim mengatakan di Ternate, Selasa, Sail Morotai di Kabupaten Pulau Morotai akan dihadiri banyak tamu dan wisatawan dari luar negeri.

Mereka pasti membutuhkan uang rupiah untuk kebutuhan selama di Morotai, misalnya membeli cendera mata. Kaarena itu, BRI ranting Morotai diharapkan menyiapkan stok rupiah guna melayani penukaran uang dari tamu dan wisatawan itu.

Marlison menjelaskan bahwa Morotai termasuk daerah lainnya di Malut sampai saat ini belum ada perusahan jasa penukaran uang seperti yang banyak terdapat di daerah lainnya. Sehingga untuk penukaran uang itu harus dilakukan oleh BRI setempat.

Para tamu dan wisatawan akan menyinggahi Ternate sebelum ke Morotai, untuk itu, sejumlah bank di Ternate juga telah diminta untuk menyiapkan stok rupiah guna melayani penukaran uang dari para tamu dan wisatawan itu.

"Ada dua bank di Ternate yang kita sudah siapkan untuk melayani penukaran dari tamu dan wisatawan yang akan ke Sail Morotai tersebut, yakni Bank Mandiri dan Bank BCA," kata Marlison.

Karena itu, tamu dan wisatawan dari mancanegara yang akan ke Sail Morotai dan belum sempat menukarkan uangnya di Jakarta atau kota besar lainnya di Indonesia, tidak perlu karena di Morotai dan Ternate mereka bisa menukarkan uangnya.

Wisatawan yang mengunjungi Morotai dipastikan akan melalui Ternate, sehingga mata uang asing yang dibawa dari negaranya mereka harus menukar dengan mata uang rupiah, sehingga wisatawan bisa belanjakan uangnya di Ternate hingga Morotai.

Ia menambahkan, Malut sebagai daerah tujuan wisata, seharusnya sudah ada perusahaan yang melayani penukaran uang, seperti yang banyak terdapat di berbagai daerah wisata lainnya di Indonesia.

Bank di daerah ini memang bisa melayani penukaran uang, tetapi hanya pada saat jam kerja, sedangkan kalau ada perusahan jasa penukaran uang, pelayanan bisa dilakukan 1x24 jam.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012