Pelaksanaan Festival Pesona  Meti Kei 2023 di Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku turut dimeriahkan dengan kegiatan "Hair Yot" atau pengumpulan hasil tangkapan ikan di tepi pantai secara tradisional oleh masyarakat. 

"Hair Yot dilangsungkan di Pantai Siran Loor, Desa Faan, Kecamatan Kei Kecil,  Maluku Tenggara," kata Bupati Maluku Tenggara Taher Hanubun  yang dihubungi dari Ambon, Minggu.

Ia menjelaskan  "Hair Yot" yang merupakan salah satu budaya kearifan lokal warga setempat  ditandai dengan pembukaan sasi laut oleh tokoh adat untuk mengumpulkan hasil tangkapan di tepi pantai.

"Kegiatan sasi laut sendiri dimaksudkan untuk upaya pelestarian adan budaya daerah oleh warga lokal yang dilakukan setiap tahun," ucap Bupati.

Kegiatan menangkap ikan secara tradisional ini dengan menggunakan wear warat atau semacam jaring untuk menghalau ikan dari laut ke tepi pantai.

Setibanya di tepi pantai, seluruh hasil tangkapan dipindahkan dalam keadaan hidup ke dalam sero yang dikelilingi bambu dan ditancapkan membentuk lingkaran.

Setelah hasil tangkapan dikumpulkan di sero, selanjutnya masyarakat akan mengambil ikan yang telah terkumpul dengan cara memanah atau menikam dengan tombak.

Hal ini bertujuan, untuk mengumpulkan hasil laut sesuai jenis ikan yang diinginkan sehingga bisa dibawa pulang oleh warga.

Dikatakan, hasil tangkapan memang tidak seberapa namun  memuaskan dan penangkapan ikan secara tradisional yang dilaksanakan ini merupakan bagian dari promosi daerah yang bertajuk kebudayaan. 

"Ini belum seberapa, namun lumayan untuk keperluan beberapa hari ke depan. Jadi, bagi basudara yang di luar sana, kalau mau makan ikan segar datang dan berwisata ke Kei, karena  luar biasa dan hasil lautnya  menjanjikan," katanya.

Kepulauan Kei s kaya akan potensi dan hasil laut yang perlu dijaga serta dilestarikan hingga anak cucu, sekaligus dijadikan potensi wisata daerah dalam menarik minat kunjungan wisatawan.

Festival Pesona Meti KeiI (FPMK) merupakan event tahunan yang dilaksanakan oleh Kabupaten Maluku Tenggara   setiap bulan Oktober.

Pada  2023 Festival Pesona Meti Kei  dilaksanakan pada  8 - 28 Oktober 2023. 

Di bulan Oktober  air laut surut hingga ratusan meter sehingga biota laut yang biasanya tertutup air laut bisa dinikmati dengan mata telanjang. 

Bahkan dua pulau terpisah oleh laut dapat didatangi dengan berjalan kaki. Selain itu pada bulan ini beberapa desa (ohoi) penghasil ikan akan melaksanakan kegiatan tangkap ikan secara tradisional dan unik. 

Berbagai kegiatan yang dapat dinikmati selama event antara lain tarian kolosal, tangkap ikan tradisional, dan penampilan budaya lainnya. 

 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023