Ternate (Antara Maluku) - Hotel di Ternate, Maluku Utara (Malut), mulai dari yang berbintang hingga melati, dipenuhi para tamu yang akan menuju ke Kabupaten Pulau Morotai terkait kegiatan bahari internasional Sail Morotai 2012.

Firja, Manajer Pemasaran Hotel Amara Internasional, ketika dihubungi, Rabu, mengatakan dari 195 kamar yang ada di hotel bersangkutan semuanya sudah dipenuhi tamu yang akan melanjutkan perjalanan ke Pulau Morotai.

Dia juga menyatakan semua kamar telah dibooking dan para tamu yang datang tidak bisa terlayani.

Kondisi serupa terjadi di Corner Hotel dan Hotel Boulevard, semua kamar di kedua hotel itu telah dipenuhi para tamu sejak Senin (10/9).

"Tamu yang menginap di hotel dengan kapasitas 62 kamar ini selain dihuni oleh para tamu Sail Morotai, sebagian di antaranya dihuni oleh para wisatawan," kata Rohani, Manajer Pemasaran Hotel Boulevard.

Tamu yang menginap umumnya dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk dari luar negeri yang singgah di Ternate untuk menikmati objek wisata di daerah ini sebelum menghadiri acara puncak Sail Morotai tanggal 15 September 2012.

"Penyelenggaraan Sail Morotai memberi dampak positif bagi tingkat hunian hotel di Kota Ternate, termasuk di Corner Hotel ini," kata Manager Pemasaran Corner Hotel, Hutri Sambe.

Tingkat hunian di hotel bertarif mulai dari Rp300 ribu sampai Rp1,7 juta per malam itu selama ini hanya berkisar hanya 50-60 persen, tetapi menjelang penyelenggaraan Sail Morotai meningkat menjadi rata-rata 100 persen.

Menurut dia, para tamu yang menginap di Corner Hotel rata-rata yang telah memesan sejak pekan lalu, sehingga pada hari ini, tidak ada lagi kamar yang kosong.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012