Komando daerah militer (Kodam) XVI Pattimura menggelar uji fungsi alutsista alat angkutan air untuk memastikan kesiapan peralatan dan kesigapan pasukan pengamanan daerah rawan (Pamrahwan) di wilayah kepulauan Maluku.

"Uji fungsi seperti ini diperlukan untuk menjaga kesiapan alutsista terutama kapal-kapal di Bekangdam XVI/Pattimura, agar tetap terawat dengan baik sehingga siap operasional dengan aman, guna mendukung tugas pokok Kodam XVI/Pattimura," ucap Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi  melalui keterangan yang diterima di Ambon, Minggu.

Ia mengungkapkan, beberapa alutsista angkutan air yang diuji fungsi yaitu KMC Komando C 12, Kapal AD 64, Kapal Sea Rider dan Jet Sky 18 M di pantai Gudang Arang Denharjasint Bekangdam XVI/Pattimura, Ambon.

Sejumlah alutsista tersebut langsung dipakai mengitari sekitar Pantai Gudang Arang.

“Kondisi wilayah tugas  Kodam XVI/Pattimura yang merupakan wilayah kepulauan, menjadikan transportasi laut menjadi sarana penting untuk melaksanakan tugas," kata Kasdam.

Sementara itu Kabekangdam XVI/Pattimura Kolonel Cba Mustadir Abduh menyampaikan  dalam pekerjaan pemeliharaan alutsista  angkutan  air ini pihaknya bekerja sama dengan salah satu perusahaan swasta.

"Jadi untuk perawatan alutsista ini tentunya kami tidak sendirian, perlu sinergi dengan pihak-pihak lainnya untuk memastikan kelayakan alutsista yang disiapkan untuk pasukan," katanya.

Kabekangdam juga menjelaskan, kapal-kapal  ini diperuntukkan melayani Satgas Pamrahwan dan Pamputer, untuk mendukung kegiatan patroli dan tugas pokok lainnya bila dibutuhkan, baik dalam perbekalan angkutan maupun logistik. 

Turut hadir beberapa pejabat dalam kegiatan tersebut yaitu Irdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Dadang Rukhiayana, Direksi Operasional PT.Suar Cahaya Gelora Adhitya Darmawan, Aslog Kasdam XVI/Pattimura Kolonel Inf Dadang Ismail Marzuki, Pa LO AL Kolonel Mar Akhmad Mukhroji, Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Arh Agung Sinaring Mahapasti, Kapaldam XVI/Pattimura Kolonel Cpl Antonius Hermawan, Kakumdam XVI/Pattimura Kolonel Chk Maulana Kurbia Darmawan, Kaajendam XVI/Pattimura Kolonel Caj Agus Priono.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023