Ternate (Antara Maluku) - Pelayanan kesehatan gratis Surya Baskara Jaya (SBJ) di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) yang dilakukan oleh TNI-AL dalam rangkaian Sail Morotai tidak terganggu dengan adanya letusan Gunung Gamalama.

Wakil Komandan Satgas Surya Baskara Jaya, Kolonel dr Indra mengatakan di Ternate, Senin, pihaknya akan tetap melakukan pelayanan kesehatan gratis mulai hari ini sampai Rabu, meski terjadi letusan Gunung Gamalama.

Pelayanan kesehatan gratis itu untuk kesehatan dasar yang dilakukan eks Kantor Gubernur Malut, sedangkan untuk tindakan operasi dilakukan di atas KRI dr Suharso yang sandar di Pelabuhan Ahmad Yani, tak jauh dari eks Kantor Gubernur Malut.

"Hari ini (Senin, 17/9), sudah ada sekitar 400 warga Ternate yang mendapat pelayanan kesehatan, mulai berupa pengobatan biasa sampai pada tindakan operasi, seperti operasi katarak, bibir sumbing dan operasi tumor," katanya.

Ia mengatakan, pelayanan kesehatan gratis di Ternate itu merupakan lanjutan dari pelayanan serupa yang dilaksanakan tanggal 11 sampai 13 September, sebelum ke Kabupaten Pulau Morotai untuk melakukan pelayanan kesehatan serupa kepada masyarakat di daerah itu, sekaligus mengikuti acara puncak Sail Morotai.

Sebelumnya, Satgas Surya Baskara Jaya juga melakukan pelayanan kesehatan gratis di Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan dan setelah dari Ternate akan melanjutkan ke pelayaran ke Makassar untuk melakukan kegiatan serupa sebelum kemudian kembali ke Jakarta.

Dirinya memberi apresiasi kepada warga Ternate, karena meski terjadi letusan Gunung Gamalama, mereka tetap datang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang digelar Satgas Surya Baskara Jaya.

Sebelumnya, Kabag Humas dan Protokoler Pemkot Ternate, Tamrin Marsaoli ketika dikonfirmasi mengaku, sudah ada ratusan warga asal Kota Ternate yang memanfaatkan pengobatan dan operasi gratis yang digelar oleh Satgas Surya Baskra Jaya di Kota Ternate selama tiga hari ini.

"Kehadiran operasi gratis bakti kesehatan dengan sejumlah pengobatan dan operasi gratis yang akan dilakukan seperti operasi katarak, gondok, tumor, hernia, bibir sumbing, penyakit THT serta pengobatan umum," katanya.

Untuk itu, kata Tamrin, dirinya berharap agar warga yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan gratis itu sangat mudah, yakni mendaftarkan diri di eks Kantor Gubernur Malut, sedangkan warga yang akan mendapatkan pelayanan untuk pengobatan umum langsung datang ke lokasi yang telah disiapkan, tanpa melalui pendaftaran terlebih dahulu.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012