Ambon (Antara Maluku) - Fatima Makatita (88) menjadi jamaah Calon Haji (Calhaj) tertua asal Kota Ambon yang akan berangkat menunaikan rukun Islam ke lima di tanah suci Mekah melalui embarkasi Makassar 1 Oktober 2012.

"Sedangkan anggota usia termuda dalam rombongan jamaah asal Kota Ambon kali ini atas nama Nur Sahria Ali Binti la ali (20)," kata Kepala staf Penyelenggara Haji kota Ambon, Hanafi Kasim saat memberikan laporan pada acara pelepasan Calhaj kota Ambon di gedung Ashari Al Fatah Ambon, Rabu.

Menurut Hanafi, mereka berdua bergabung dengan 331 Calhaj yang akan berangkat menuju embarkasi Makassar pada tanggal 29 Oktober 2012 dalam dua kali penerbangan, pagi dan siang hari, mennggunakan pesawat Lion Air.

Dia menjelaskan, 333 Calhaj itu didampingi enam orang Petugas Haji Daerah (PHD), dua dari Pemerintah Kota Ambon dan empat lainnya dari Pemerintah Provinsi Maluku.

Dari 333 orang Calhaj itu terdapat orang laki - laki sebanyak 121 orang dan perempuan 212 orang.

Sedangkan menurut jenjang pendidikan, tingkat SD sebanyak 110 orang, SLTP 54 orang, SLTA 93 orang, Sarjana muda 10 orang, tingkat SI 50 orang dan S2 8 orang.

"Jadi 333 orang Calhaj Kota Ambon ini tegabung dalam kelompok terbang (Kloter) 18 yang akan berangkat pada tanggal 29 Oktober. Mereka terbagi menjadi dua rombongan, yang pertama berangkat pagi hari sedangkan yang kedua pada siang hari," ujarnya.

Karena itu para jamaah yang akan berangkat pagi sudah harus bersiap diri untuk menuju pelataran Masjid Al Fatah pada pukul 4.30 WIT, untuk bertolak menuju Bandar Udara (Bandara) Internasional Pattimura di Laha pada pukul 5.00 WIT.

Sedangkan penerbangan kedua di siang hari pada pukul 16.00 WIT, maka para jamaah harus mempersiapkan terutama hadir di pelataran Masjid Al Fatah pada pukul 14.00 WIT," kata Kasim yang juga Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ambon.

Pewarta: ANTARA

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012