Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) angkatan1990 menggelar kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan bagi masyarakat di pantai pasir panjang, Negeri Allang, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah.

"Nilai-nilai kepedulian sosial memang sudah ditanamkan kepada kita sejak pendidikan. Dan hari ini para alumni AKABRI lulusan tahun 90 melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat," kata Kapolda Maluku Irjen Pol. Lotharia Latif yang juga alumni AKABRI 90 di Ambon, Sabtu.

Kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan ini dilakukan dalam rangka rasa syukur atas pengabdian alumni AKABRI 90 selama 33 tahun.

Pengobatan massal yang dilaksanakan diikuti oleh sebanyak 500 orang, termasuk anak-anak pelajar Sekolah Dasar. Sementara pembagian sembako disalurkan kepada 1.200 orang.

Pengobatan massal gratis yang diberikan yaitu pelayanan stunting, obat cacing dan KB, pengobatan umum, pelayanan golongan darah, pelayanan THT, tensi darah, bedah minor (sunat), dan pengambilan obat gratis.

Sekitar seribu warga turut memadati kegiatan pengobatan massal gratis dan penyaluran bantuan sosial berupa sembako dan paket belajar.

"Kegiatan ini sebetulnya merupakan representasi kehadiran negara di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Kapolda pada kesempatan itu juga menyampaikan apresiasi kepada pelajar yang sudah menyempatkan diri untuk hadir.

"Harapan kita dengan adanya kegiatan ini bisa menumbuhkan semangat menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan, semangat menerima perbedaan, semangat persaudaraan, semangat perdamaian untuk mewujudkan Maluku yang aman, damai dan sejahtera," harapnya.

"Saya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia dan seluruh personil yang terlibat dalam kegiatan ini sehingga bisa berjalan dengan baik dan lancar," ia menambahkan.

Kegiatan itu dihadiri Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi, Wakapolda Maluku Brigjen Pol Stephen M. Napiun, Kepala BNN Provinsi Maluku Brigjen Pol Rudi Marfianto, Danlantamal IX/Ambon Brigjen TNI Said Latuconsina, Danlanud Pattimura Ambon Kolonel Pnb Tiopan Hutapea, Kabinda Maluku, Danguspurla, Danrem 151/Binaiya, Kabakamla Zona Maritim Timur para pejabat utama TNI, Polri dan Para Raja serta Tokoh Masyarakat Leihitu Barat.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023