BPJS Kesehatan Cabang Ambon menjalin kerja sama dengan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Johannes Leimena Ambon untuk pelayanan kateterisasi jantung.

"Layanan kateterisasi jantung (cathlab) merupakan pelayanan yang dilakukan di laboratorium kateterisasi jantung dan angiografi untuk menentukan diagnostik penyakit jantung dan pembuluh darah," kata Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Ambon Saiyed Abdul Gaffar Assaqqaf melalui siaran pers yang diterima di Ambon, Rabu.

BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon mengapresiasi terwujudnya kerja sama dalam layanan kateterisasi jantung di RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon.

Saiyed menambahkan layanan cathlab ini merupakan kolaborasi untuk mendukung penuh Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.

Dia menyampaikan, jika berbicara mengenai universal health coverage (UHC) atau layanan kesehatan semesta, artinya tidak hanya tentang cakupan kepesertaan, namun juga tentang aksesibilitas dan kualitas mutu layanan kepada seluruh Peserta JKN.

“UHC juga harus memperhatikan aksesibilitas dan kualitas mutu layanan kepada Peserta JKN. Maka, untuk mewujudkan hal tersebut, BPJS Kesehatan bersama-sama dengan fasilitas kesehatan fokus kepada transformasi mutu layanan," katanya.

Salah satu pengejawantahan transformasi mutu layanan di fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan (FKRTL) adalah perluasan layanan kerja sama cathlab, kemoterapi dan radioterapi.

Dalam kerja sama ini, BPJS Kesehatan berupaya menghadirkan terobosan dengan penyesuaian proses kredensialing dengan harapan memberikan kemudahan dalam kolaborasi antara BPJS Kesehatan dengan fasilitas kesehatan.

Saiyed berharap kerja sama layanan cathlab dapat meningkatkan derajat kesehatan seluruh masyarakat di Provinsi Maluku.

“Semoga dengan adanya kerjasama ini, dapat meningkatkan pemerataan derajat kesehatan masyarakat di Provinsi Maluku," ujarnya.

Direktur utama RSUP Dr Johannes Leimena Ambon, drg Saraswati berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik, salah satunya adalah dengan layanan cathlab tersebut.

“Kami selalu berupaya untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada pasien. Salah satunya dengan melengkapi sarana dan prasarana penunjang medis, seperti pelayanan cathlab ini,” ujarnya.

Saraswati mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak BPJS Kesehatan atas kerja sama pelayanan cathlab.

Selain itu RSUP Dr Johannes Leimena Ambon juga tetap berkomitmen memberikan pelayanan terbaik tanpa ada penambahan biaya, kekosongan obat dan tanpa diskriminasi sesuai janji Layanan JKN.*

Pewarta: John Soplanit

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023