Pemerintah kota (Pemkot) Ambon, Maluku meraih penghargaan Khusus Kawasan Timur Indonesia (KTI) atas penilaian kinerja pelayanan terpadu satu pintu dan kinerja percepatan pelaksanaan berusaha pemerintah daerah di Anugerah Layanan Investasi (ALI) 2023.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Pieter Saimima mengatakan, penghargaan yang diberikan kepada Kota Ambon berdasarkan proses penilaian yang komprehensif yang dilakukan sejak bulan Mei hingga Agustus 2023.

"Untuk wilayah timur Indonesia ada tiga daerah yang mendapat penghargaan tersebut, yakni Kota Ambon, Provinsi Maluku Utara dan Kabupaten Merauke," katanya, di Ambon, Kamis.

Selain itu Pemerintah Provinsi Maluku juga meraih penghargaan pemberi layanan investasi terbaik tahun 2023 kategori Pemerintah Provinsi terbaik.

Ia menyatakan, penghargaan yang diterima bukan untuk kepuasan justru memberikan tanggung jawab yang lebih besar.

"Penghargaan justru memacu kita untuk memberikan kontribusi yang lebih baik lagi kepada pelaku usaha khususnya investor yang ada di kota Ambon dengan memberikan pelayanan yang prima sesuai dengan SOP yang tersedia.

Pemkot Ambon, saat ini sementara menyiapkan mall pelayanan publik sebagai upaya menghadirkan pelayanan publik yang nyaman guna mempermudah proses perizinan investasi.

"Salah satu kebijakan pertanggungjawaban moral dan komitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, Pemkot Ambon menyiapkan mal pelayanan publik di Kota Ambon," katanya.

Mall pelayanan publik merupakan kebijakan mempermudah regulasi pengurusan izin investasi usaha.

Seluruh upaya dilakukan agar masyarakat bisa mengakses perizinan dan pelayanan cukup di satu lokasi, yakni lantai IV pusat perbelanjaan Ambon Plaza.

ALI merupakan pemberian penghargaan kepada pemda dan kementerian/lembaga yang memperoleh hasil penilaian terbaik atas kinerja layanan investasi yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Investasi/Kepala BKPM.

Penghargaan ini diberikan pada 12 instansi pemerintah kategori kementerian/lembaga, pemda, dan penghargaan khusus kawasan timur Indonesia.
Pemerintah kota (Pemkot) Ambon meraih penghargaan Khusus Kawasan Timur Indonesia (KTI) atas penilaian kinerja pelayanan terpadu satu pintu dan kinerja percepatan pelaksanaan berusaha pemerintah daerah di Anugerah Layanan Investasi  (ALI) 2023. ANTARA/ Ho- Diskominfosandi Ambon.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023