Gubernur Maluku mengajak Muslim di daerah itu untuk menjadikan masjid sebagai pusat keilmuan guna menumbuhkan generasi Islam yang cerdas dan mampu bersaing menuju Indonesia emas 2045.

"Secara hsitoris keberadaan sebuah Masjid bagi umat Islam bukan sekadar tempat sholat berjamaah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, tetapi juga memiliki fungsi sosial yang sangat penting dalam membangun masyarakat," ucap Gubernur Maluku Murad Ismail dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Sabtu.

Hal itu dikatakannya dalam Festival Al-Fatah Tahun 2024 di pelataran masjid raya Maluku, Kota Ambon, dalam sorotan tema Festival Al-Fatah 2024 M/1445 Hijriah jadi momentum perayaan budaya dan kebudayaan muslim Maluku.

Baca juga: Pendaftaran calon Penjabat Gubernur Maluku diperpanjang hingga 25 November 2023

“Dalam Sejarah masjid di era Nabi Muhamad SAW, masjid dimanfaatkan sebagai tempat pertemuan membahas berbagai program penting guna memajukan masyarakat setempat," kata Murad.

Apalagi, diketahui bersama bahwa diprediksi Indonesia akan mengalami puncak bonus demografi pada 2045. Oleh sebab itu penting bagi para pemuda muslim untuk menghidupkan kembali fungsi masjid sebagai pusat keilmuan agar dapat menumbuhkan generasi islami yang tak hanya terdidik secara spiritual, namun juga intelektual.

Baca juga: Lima nama resmi daftar sebagai PJ Gubernur Maluku

Oleh karena itu kata Gubernur Murad Pemerintah Provinsi Maluku, tentu akan mendukung sepenuhnya berbagai kegiatan positif seperti ini guna meningkatkan fungsi masjid yang selama ini hanya menjalankan fungsi ibadah semata.

“Kita perlu melakukan transformasi spiritual dari sekedar memakmurkan, sehingga memberikan kontribusi bagi peningkatan keimanan dan ketaqwaan sekaligus meningkatkan kesejahteraan umat secara lahir, maupun batin," kata dia

Kegiatan yang diramaikan oleh Masyarakat setempat ini, dirangkaikan juga dengan pertunjukan seni dan budaya, diantaranya pementasan tarian, sholawat, dan masih banyak lagi.

Hadir juga pada kesempatan itu Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno, Ketua Yayasan Al-Fatah, Imam Besar Masjid Raya Al- Fatah, Ketua-ketua Ormas Islam, Pimpinan OPD Terkait lingkup Pemerintah Provinsi Maluku dan Kota Ambon, Pimpinan Perguruan Tinggi, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan unsur terkait lainnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023