Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Maluku meraih juara umum Rowing Beach Sprint pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Dayung 2023 di Jawa Barat dengan mengoleksi dua medali emas.

"Perolehan medali emas dibuka oleh Issa Behuku pada nomor CW1x dan diikuti nomor Mix 2x yakni Rusdi Elly dan Arni S Pattipeiluhu sehingga membuat Maluku meraih dua medali emas," ujar Ketua Umum PODSI Maluku Ulwan Talaohu dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Rabu.

Hasil tersebut membuat Maluku menjadi peraih medali terbanyak di Rowing Beach Sprint, diikuti Jawa Barat pada posisi kedua dengan satu medali emas dari nomor CM1x.

Pada perlombaan Rowing Beach Sprint tersebut Maluku nyaris menyapu bersih medali emas namun sayangnya, langkah salah satu atlet Maluku harus terhenti di babak perempat final sehingga Maluku hanya menempatkan perwakilan atlet di dua nomor dan seluruhnya mampu meraih medali emas.

Ulwan mengatakan bersyukur atas pencapaian gemilang para atlet dayung Maluku pada panggung kejurnas itu.

"Ini menjadi sebuah motivasi untuk kami pengurus PODSI Maluku untuk terus bekerja dengan giat dan lebih baik lagi agar PODSI Maluku semakin disegani dan semakin menjadi cabang olahraga yang akan terus meraih banyak prestasi untuk Maluku," katanya.

Ia mengatakan capaian tersebut dapat diraih karena upaya seluruh jajaran pengurus salah satunya dengan membentuk satuan tugas untuk mempersiapkan atlet menuju Pra kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON).

“PODSI telah menggelar rapat untuk mengonsolidasi organisasi dan program kerja PODSI Maluku serta koordinasi bersama atlet menuju Pra-PON 2023 agar tujuan kami tercapai dan berjalan dengan baik,” katanya.

Ulwan mengatakan hal itu penting mengingat Maluku sendiri secara konsisten telah melahirkan banyak atlet dayung yang berkiprah di kancah nasional maupun internasional.

Tak lupa ia juga berterima kasih kepada seluruh atlet, pengurus, dan semua pihak yang telah bekerja keras sehingga PODSI Maluku bisa meraih prestasi dengan gemilang.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023