Personel Kodim 1501/Ternate melaksanakan karya bhakti pembersihan sungai dan Pasar Gamalama Kota Ternate dalam rangka menindaklanjuti Perintah Pangdam XVI/Pattimura dan Arahan Kepala Staf Angkatan Darat berlokasi di Kota Ternate Maluku Utara.

Kasdim 1501/Ternate Letkol Inf Robby di Ternatae, Jumat, mengatakan, pembersihan sungai dan kawasan Pasar Gamalama merupakan pelaksanaan Karya Bhakti memimpin kegiatan apel pengecekan personel yang terlibat dalam karya bhakti yang dipusatkan di depan pelataran Swering Pandara Kota Ternate.

Dalam kesempatan apel tersebut, Letkol Inf Robby mengatakan, pada pagi ini kita akan melaksanakan karya bakti, kami juga berterima kasih kepada TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas terkait serta masyarakat yang telah hadir untuk ikut melaksanakan karya bakti bersama.

Apel pengecekan dihadiri oleh Kasiter Kasrem 152/Baabullah, Dansat Brimob Polda Malut, Para Kabalak Korem, Personel Denmarem, personel Kodim 152/Ternate, personel jajaran Balakrem, personel Kompi D Yonif 732/Banau, personel Brimob Polda Malut, FKPP, Dishub, Satpol PP, para pemuda dan masyarakat.

Lebih lanjut Letkol Robby menyampaikan bahwa Karya bhakti ini merupakan perintah Pangdam XVI/Pattimura dan Kepala Staf Angkatan Darat dan dilaksanakan oleh seluruh Kodim-Kodim se-Indonesia dengan sasaran Sungai, Pasar tradisional, saluran air dengan tujuan agar kita terhindar dari bencana banjir serta menjadikan lingkungan yang sehat.

"Saya harapkan kepada seluruh personil yang melaksanakan karya bhakti hari ini dapat melaksanakan dengan baik sehingga apa yang kita kerjakan pembersihan sungai, selokan dan pasar terhindar dari sampah dapat tercapai target yang kita harapkan," katanya.

Disela - sela kegiatan karya bhakti, Danrem 152/Baabullah Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga K, S.AP turut hadir dan meninjau langsung ke lokasi personel yang sedang bekerja membersihkan aliran sungai kampung makasar timur.

Kedatangan Danrem di lokasi di sambut Kasdim 1501/Ternate Letkol Inf Robby dan anggota yang sedang bekerja, Brigjen Elkines langsung turun ke lokasi (sungai) dan bergabung dengan anggota yang sedang mengambil sampah di aliran sungai Kampung Makasar Timur

Pada kesempatan yang sama, Brigjen TNI Elkines saat di tanya awak media menyampaikan, "kegiatan pembersihan ini merupakan printah langsung Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial serta Arahan Kasad Jenderal TNI Maruli dan ini dilaksanakan di seluruh Kodim-Kodim Se-Indonesia dan akan terus berlanjut, "katanya'

Lebih lanjut Danrem 152/Baabullah mengatakan sasaran karya bhakti ini facus pada Sungai, Pasar Tradisional, gorong- gorong saluran air, pantai dengan tujuan agar kita terhindar dari banjir akibat saluran air penuh dengan sampah.

Pada kesempatan tersebut Brigjen Elkines juga mengajak kepada seluruh warga masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan yang salah satunya dengan tidak membuang sampah di sungai, dan juga mendorong pemerintah daerah agar mencari solusi kenapa masyarakat membuang sampahnya ke sungai, karena salah satunya tidak ada tempat pembuangan sampah di sekitar tempat tinggalnya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023