Ambon (Antara Maluku) - Pemerintah Provinsi Maluku merencanakan pemindahan dermaga penyeberangan antarpulau Dermaga Feri Galala ke Desa Negeri Lima, Kabupaten Maluku Tengah guna mengatasi persoalan kemacetan.

"Proses pemindahan dermaga itu memang butuh waktu dan dukungan dana, dan ditargetkan sudah terealisasi bila pengerjaan proyek Jembatan Merah Putih yang menghubungkan Galala-Rumah Tiga sudah rampung dikerjakan," kata Kepala Bappeda Maluku, Anthonius Sihaloho di Ambon, Sabtu.

Dermaga penyeberangan feri Galala selama ini berfungsi untuk melayani penumpang yang menggunakan jasa penyeberangan ke Poka-Rumah Tiga (Pulau Ambon) maupun menuju Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan.

Menurut Antthonius, aktivitas di pelabuhan penyebrangan Dermaga Feri Galala saat ini makin tinggi sehingga harus dilakukan antisipasi, terutama dalam mengatasi dan mengantisipasi terjadinya kemacetan akibat banyaknya antrean kendaraan yang menumpuk di kawasan dermaga.

Rencana pemindahan lokasi dermaga ke luar kota secara geografis sangat strategis karena lokasi baru di Kecamatan Leihitu (Pulau Ambon) yang akan dibangun dermaga itu merupakan kawasan tertutup dari hantaman gelombang akibat terhalang beberapa pulau kecil.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013