Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku menyiapkan sebanyak 7.127 personel Linmas dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk membantu pengamanan Pemilihan umum (Pemilu) serentak 2024 di  11 kabupaten kota di Maluku.

"Para personel tersebut juga dipersiapkan untuk pengamanan Natal sekaligus  Pemilu 2024," kata Sekretaris daerah (Sekda) Maluku Sadali Ie di Ambon, Jumat.

Sekda menyebutkan dari 7.127 personel tersebut terdiri atas 5.075 personel Linmas dan 2.052 personel Satpol PP yang  disebar pada 11 kabupaten kota di Maluku.

“Mengingat perayaan Natal dan tahun baru, bersamaan dengan masa kampanye Pemilu serentak  2024, maka kami mengimbau kepada ASN, TNI/Polri, KPU, Bawaslu dan instansi terkait untuk meningkatkan kerja sama dan sinergisitas," kata dia.

Menurutnya hal itu penting dalam rangka menjaga stabilitas keamanan guna kelancaran masa kampanye di  Maluku, sekaligus memberikan rasa aman bagi masyarakat dalam perayaan Natal dan tahun baru.

Sementara itu Wakapolda Maluku Brigjen Stephen Napiun menyampaikan perlu menyamakan persepsi baik antar Pemerintah Daerah, TNI/Polri, maupun instansi terkait, agar terjadi keterpaduan langkah dan gerak di lapangan, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman baik dari segi keamanan dan keterbukaan informasi, sehingga jika muncul permasalahan serius bisa diantisipasi secara cepat dan tepat.


Napiun mengatakan, pemerintah menghadapi Natal, tahun baru dan Pemilu akan melaksanakan operasi kepolisian secara serentak di seluruh Indonesia yaitu operasi Lilin Salawaku 2023.

Sementara pengamanan Pemilu akan dilakukan hingga kontestasi politik tersebut dinyatakan selesai.

 

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023