PT PLN Unit Induk Wilayah Maluku Maluku Utara (UIW MMU) memastikan sistem kelistrikan aman dan terjaga jelang Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Pasokan listrik sangat memadai dengan total daya mampu di Maluku dan Maluku Utara selama periode Natal Tahun Baru sebesar 350,41 Mega Watt (MW), Beban Puncak tertinggi 247,76 MW, dan Cadangan Daya sebesar 102,65 MW. ,

"Unit-unit yang terlibat dalam kesiapan siaga kelistrikan Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 adalah Unit pembangkit PLN, Unit Pembangkit IPP dan Subholding Icon+," kata General Manajer PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula saat apel siaga kelistrikan di Ambon, Rabu.

Ia menyatakan, selama siaga Natal Tahun Baru sebanyak 505 personel PLN dikerahkan di 44 posko yang tersebar seluruh wilayah Maluku dan Maluku Utara, dan tim TAD maupun Mitra Kerja sebanyak 745 orang.

PLN UIW MMU juga menyiagakan peralatan pendukung sistem kelistrikan sebanyak 97 unit, 223 unit kendaraan, dan material cadangan gangguan yang tersedia dalam jumlah cukup.

Selain itu, ada 286 lokasi VVIP/VIP, seperti kantor Pemerintahan Daerah, TNI/Polri, dan Dinas terkait yang turut diutamakan keandalan sistem kelistrikan.

Awat menyatakan, PLN UIW MMU siap menyambut dua momen penting di penghujung 2023, mulai dari sistem kelistrikan hingga personel lapangan, melalui posko siaga sejak 15 Desember 2023 hingga 8 Januari 2024.

Bagi pengendara kendaraan listrik juga, tak perlu khawatir kehabisan daya, terutama dalam perjalanan mudik, karena Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SKPLU) di lima titik siap melayani pelanggan.

“Kami harap petugas dalam keadaan sehat saat menjalankan tugas selama periode Natal Tahun baru sehingga basodara (saudara) yang merayakan Natal 2023 dapat berjalan dengan penuh sukacita, dan menyambut tahun baru 2024 dengan penuh optimisme," Ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo dalam arahan saat memimpin apel siaga kelistrikan secara nasional menginstruksikan semua personel agar membuktikan adanya zero blackout selama periode Natal Tahun Baru ini.

"Saya perintahkan dari seluruh tim PLN, sebulan ini kita memetakan seluruh tantangan, dan tantangan itu kita koreksi sehingga kita tetap bisa menyediakan sistem kelistrikan yang andal," Katanya.

Dalam rangka siaga, PLN ingin memastikan bahwa selama momentum Natal Tahun baru, harus mampu membuktikan adanya zero blackout apapun tantangannya harus bisa diselesaikan satu per satu.

Ia mengakui, cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini berakibat genting terhadap beberapa sistem kelistrikan. Dampaknya, terjadi penurunan keandalan jaringan listrik, tetapi PLN tidak akan menyerah menghadapi tentangan seperti ini.

“Semoga dalam menghadapi momen Natal Tahun baru ini, sistem kelistrikan seluruh Nusantara tidak terganggu,” katanya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023