Personel TNI Kodim 1501/Ternate Provinsi Maluku Utara (Malut) menggandeng warga setempat untuk bersama-sama membersihkan sampah dalam upaya menjaga lingkungan dan kesehatan melalui karya bakti bersama masyarakat.

Dandim 1501/Ternate Letkol Arm Adietya Yuni Nurtono saat dihubungi di Ternate Jumat mengatakan, dengan kerja sama yang baik dan keterlibatan semua pihak, kegiatan karya bakti ini dapat berjalan dengan lancar dan mampu memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan dan lingkungan sekitar.

Dia menjelaskan, kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi warga sekitar untuk dapat menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan.

"Karya bakti pembersihan oleh TNI ini merupakan kegiatan yang sangat positif bagi kelurahan kami. Selain membantu dalam menjaga kebersihan lingkungan, kegiatan ini juga sebagai ajang bagi warga desa untuk saling bergotong royong," katanya.

Adietya Yuni Nurtono menjelaskan, kegiatan Karya Bakti ini menindaklanjuti perintah Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuk untuk melaksanakan pembersihan di lingkungan masyarakat, yang dipimpin oleh Danramil 1501-01/Kota Ternate Kapten Inf Abd. Hadji Talaohu, bertempat di kelurahan Kayu Merah, Ternate Selatan, pada Jumat (22/12/2023).

Kegiatan yang dilakukan adalah berupa pembersihan lingkungan belakang PLN kota Ternate dan sekitar lingkungan Benteng Kalamata.

Tim gabungan terdiri atas anggota Koramil dan warga setempat. Kegiatan dimulai dari membersihkan sampah dan rumput liar.

Dalam kegiatan ini, semua pihak yang terlibat berperan aktif dan saling membantu satu sama lain untuk mencapai hasil yang optimal.

Dalam melaksanakan kegiatan tersebut, terdapat beberapa manfaat yang diperoleh. Selain membantu menjaga kesehatan dan lingkungan, kegiatan ini juga dapat membangkitkan kesadaran dan tanggung jawab masyarakat atas permasalahan lingkungan.

Selain itu, kata Dandim, kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahim antar anggota Koramil dengan masyarakat setempat dan memperkuat kepercayaan antara mereka.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023