Sekitar lebih kurang 2.500 orang umat Katolik mengikuti misa malam Natal di Gereja katedral Ambon, Minggu.

Misa malam Natal atau malam vigili Natal dihadiri seribuan umat pada pukul 19.00 WIT dan dipimpin Uskup Diosis Amboina Mgr Seno Ngutra.

Pastor Paroki Gereja Katedral Ambon, Paul Kalkoy mengatakan antusiasme umat mengikuti misa malam Natal mencapai 2.500 orang.

Gedung Gereja Katedral Ambon menampung 1.400 orang, belum ditambah umat yang duduk di tenda bahkan yang berdiri di luar halaman gereja.

Sebagian umat terpaksa harus mengikuti misa sambil berdiri di halaman gereja karena kursi yang disediakan tidak mencukupi. Meski begitu para jemaat tersebut tetap mengikuti ibadah hingga selesai.

Baca juga: Yulia Misa Keliobas resmi dilantik jadi ketua Dekranasda SBT Maluku

Rangkaian misa Natal dimulai dari ibadah minggu adventus ke empat di pukul 09.00 WIT dan misa malam vigili Natal pada pukul 19.00 WIT.

Misa pagi dirayakan eka risti minggu adventus ke empat, dalam tradisi gereja Katolik hanya bisa dirayakan Natal setelah puncak empat minggu adventus.

"Misa malam hari ini mendahului pesta natal, besok hari baru kita rayakan Natal. Puji Tuhan antusiasme umat sangat luar biasa, " Ujarnya.

Perayaan Misa, katanya, mendapat dukungan dari aparat TNI Polri untuk memastikan keamanan juga arus lalu lintas sekitar gereja, juga dukungan dari organisasi masyarakat dan basudara muslim yang terlibat bersama.

Baca juga: Merindukan misa Natal di Gereja Katolik tertua di Indonesia

Pihaknya berharap, Natal bisa membawa damai bagi semua umat beragama di dunia khususnya di Provinsi Maluku.

Kelahiran Tuhan membawa damai bagi seluruh umat, damai harus ditebarkan dengan menjaga hidup orang basudara (bersaudara) di Maluku.

"Mengutip khotbah uskup dalam ibadah Misa Natal, mari kita jaga dan tingkatkan kerukunan hidup orang basudara dan antar umat beragama," katanya.

Setelah selesai mengikuti misa, para jemaat kemudian saling bersalaman dan keluar dari gereja secara tertib.

Selain di gereja katedral, pelaksanaan ibadah Natal di sejumlah gereja di Kota Ambon juga berlangsung lancar dan tertib.


Baca juga: Puluhan personil Brimob Polda Maluku kawal misa jelang Paskah di Kota Ambon

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023