Ambon (Antara Maluku) - Pasangan Abdullah Tuasikal-Hendrik Lewerissa mendaftar sebagai bakal calon gubernur-wakil gubernur di Komisi Pemilihan Umum Maluku di Ambon, Kamis.

Pasangan yang dipromosikan dengan sapaan BETA-TULUS yang merupakan akronim dari Bhinneka Tunggal Ika-Tuasikal Lewerissa untuk Siwalima itu ke KPU diantar enam pimpinan partai politik pengusungnya, yakni Partai Hanura, Gerindra, PBB, PBR, PKB, dan PKPI, serta diiringi ribuan pendukungnya.

Ketua Tim Pemenangan "BETA - TULUS" Ayu Hasanussy menyerahkan dokumen pendaftaran yang diterima Ketua KPU Maluku Idrus Tatuhey.

Setelah dilakukan pengecekan dokumen pendaftaran oleh Sekretaris KPU Maluku Arsyad Rahawarin, pasangan itu dinyatakan memenuhi syarat dukungan.

Enam partai pengusung pasangan itu memiliki delapan kursi dari 45 kursi di DPRD Maluku, tiga kursi di antaranya dari Hanura. Syarat mengusung calon bagi parpol atau gabungan parpol adalah memiliki kursi minimal 15 persen dari total kursi DPRD.

Pendaftaran bakal cagub-cawagub dibuka KPU Maluku hingga 25 Februari 2013. Dengan mendaftarnya pasangan BETA-TULUS, maka saat ini sudah ada dua pasangan bakal calon yang terdaftar. Bakal calon yang sudah mendaftar sebelumnya adalah pasangan Said Assagaff-Zeth Sahuburua (SETIA).

Pewarta: Lexy Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013