Ternate (Antara Maluku) - Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara membangun gedung serba guna yang disebut "Duafa Center" untuk kepentingan warga miskin yang ingin menggelar pesta pernikahan atau hajatan lain.

"Warga kurang mampu di Ternate selama ini memanfaatkan badan jalan di depan rumahnya untuk acara hajatan sehingga menimbulkan kemacetan," kata Wakil Wali Kota Ternate Arifin Djafar di Ternate, Senin.

Dengan Duafa Center yang dibangun di kawasan Tapak II, lanjutnya, hal seperti itu tidak akan terjadi lagi.

Menurut Arifin Djafar, warga kurang mampu di Kota Ternate nantinya dapat memanfaatkan gedung duafa center tersebut dengan biaya sewa jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sarana serupa yang selama ini disiapkan pihak swasta.

Pendapatan dari penyewaan Duafa Center tidak akan dimasukkan ke kas daerah, tapi ke Badan Amil Zakat, Infak dan Sedekah (Bazis) Ternate untuk selanjutnya dimanfaatkan lagi bagi kepentingan masyarakat kurang mampu di daerah ini, seperti untuk bantuan rehabilitasi rumah tak layak huni dan bantuan beasiswa anak kurang mampu.

Ia mengungkapkan, gedung Duafa Center seluas 21x61 meter persegi tersebut dibangun dengan dana Rp3 miliar, yang bersumber dari infak seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemkot Ternate yang dipotong dari gaji setiap bulan sebesar 2,5 persen.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013