Ambon (Antara Maluku) - Grup musik indie asal Kota Ambon "Belasting" siap mengikuti festival "Hard Rock Rising 2013" di Hard Rock Cafe Bali pada 14 April 2013.

"Kami sedang mempersiapkan banyak hal sematang mungkin, termasuk diri dan mental, karena kami akan mengikuti tahap 'Local Judging' di Hard Rock Cafe Bali, 10 - 11 April nanti," kata drummer Belasting, Hanan, kepada Antara di Ambon, Selasa.

Belasting lolos tahap seleksi awal melalui voting di laman facebook Hard Rock Cafe Bali pada 14 Februari - 28 Februari 2013 dengan jumlah pemilih sebanyak 1.200 orang untuk memilih 12 band terbaik.

Band yang diawaki oleh Romi Septa Muharam (vokal), Saiful Hanan (drum), Jenly Manitiri (gitar), Fahrizal Bahri Lubis (gitar) dan Iqbal Atamimi (bass) ini sedikit mengubah aransemen musik tiga lagu yang akan dibawakan pada festival di Bali nanti.

Dua dari lagu-lagu tersebut diambil dari album indie mereka yang berjudul Satu Kata, sedangkan satu lagu lainnya adalah single terbaru yang diciptakan pada April 2012.

"Kami tidak ingin setengah-setengah saat tampil dalam Local Judging, karena itu yang akan membawa kami untuk sampai ke final," katanya.

Menurut Hanan, Belasting hampir saja kehilangan kesempatan untuk mengikuti festival Hard Rock Rising 2013, karena baru mengetahui undangan pendaftaran yang diberikan oleh Hard Rock Cafe saat empat hari menjelang penutupan pendaftaran, 7-22 Januari 2013.

"Kebetulan profil band kami terdaftar di situs Revebnation, makanya diundang untuk ikut serta tapi kami baru tahu ada undangannya di surel (surat elektronik) kami ketika empat hari menjelang penutupan," ucapnya.

Sebagai salah satu band dan satu-satunya grup musik dari Maluku yang akan tampil di ajang berskala internasional tersebut, mereka merasa sangat beruntung dan bangga tapi sekaligus terbebani karena membawa nama daerah.

"Ini seperti memikul tanggung jawab besar. Walau nantinya tidak sampai ke Hard Rock Calling di London, menjadi salah satu dari empat band yang lolos dalam Hard Rock Rising Indonesia saja sudah cukup baik," ucapnya.

Jika meraih juara satu, Belasting akan menjadi wakil dari Indonesia untuk berkompetisi dengan band dari 96 negara lain di panggung Hard Rock Calling di Hyde Park London, Inggris.

Belasting adalah grup musik indie yang yang mengusung genre musik Energetic Power Pop. Mereka terbentuk sejak 1 Februari 2007, dan pernah menjadi salah satu dari finalis A Mild Wanted Regional Indonesia Timur pada 2009.

Nama Belasting sendiri diambil dari kata dalam frasa bahasa Inggris "Be Lasting" yang artinya abadi. 

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013