Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon, Maluku, kembali melayani pembuatan paspor Simpatik bagi masyarakat Maluku dalam rangka peringatan hari bhakti Imigrasi ke-74 tahun 2024.

"Pembuatan paspor Simpatik tahap ke tiga yang berlangsung pada  20 Januari 2024 di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon di kawasan Kelurahan Kudamati, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon, ditinjau langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku  Hendro Tri Prasetyo didampingi Kepala Divisi Keimigrasian Jayanta Surbakti," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon Abduraab Ely di Ambon, Minggu.

Ia menjelaskan  layanan paspor Simpatik yang dilakukan secara bertahap mulai  6, 13, dan 20 Januari 2024 melayani  melayani pembuatan paspor baru, penggantian paspor dan upgrade ke E-Paspor namun tidak melayani paspor hilang atau rusak.

Karena itu,  masyarakat tinggal datang tanpa harus mendaftar M-Paspor,  dan waktu layanan dimulai pukul 08.00-12.00 WIT.


Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku  Hendro Tri Prasetyo pada kesempatan itu mengatakan pelayanan h paspor Simpatik  dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Bhakti Imigrasi yang ke-74.


"Jadi kegiatan  paspor Simpatik  ini secara serempak berlangsung di seluruh Indonesia, untuk  mendekatkan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.


Dari hasil pantauan  ternyata masyarakat yang datang untuk pembuatan paspor bukan saja dari Kota Ambon, tetapi juga dari tiga kabupaten yang ada di Pulau Seram, Pulau Buru, dan beberapa tempat lainnya.


"Di Maluku ada dua kantor Imigrasi yakni di Kota Ambon dan Kota Tual yang saling memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui  paspor Simpatik  ini," ujarnya.

Imigrasi mengharapkan masyarakat untuk memanfaatkan  momentum ini karena kalau hari biasa mungkin saja antrean terlalu panjang, begitu juga melalui online, tapi saat ini  tinggal datang  langsung dilayani di kantor Imigrasi.



Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon Abduraab Ely menambahkan, kegiatan pelayanan paspor Simpatik ini cukup mendapat perhatian masyarakat pada umumnya, dan itu terlihat dari pelaksanaan tahap pertama tanggal 6 Januari 2024 total yang datang sebanyak 27 orang.


Selanjutnya , pada tahap kedua pada tanggal 13 Januari 2024 sebanyak 48 orang dan tahap ketiga hari ini tanggal 20 Januari 2024 ,  mencapai 54 orang.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024