Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Moluccas Coastal Care (MCC) membagikan sebanyak 1.000 anakan pohon gratis untuk warga Kota Ambon sebagai bentuk komitmen menjaga iklim.

“Di bulan pertama pada 2024 kami kembali membagikan pohon gratis yang sudah dilakukan sejak 2017. Tentunya MCC akan tetap fokus terhadap perubahan iklim, terus mengedukasi masyarakat dan kampanye lingkungan,” kata Direktur MCC, Teria Salhuteru, di Ambon, Minggu.

Seribu pohon yang dibagi gratis itu adalah pohon cengkih sebanyak 900 batang dan pohon pucuk merah sebanyak 100 batang. Untuk memperoleh pohon tersebut, MCC bekerja sama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Waehapu Batu Merah Ambon.

“Jadi seperti sekarang yang warga Ambon rasakan bahwa semakin panas cuaca akibat pohon sudah mulai berkurang karena banyak pembangunan. Untuk menggantikan itu kami membagikan ini kepada masyarakat agar dengan suka rela mau kembali menanam pohon yang banyak,” ujarnya.

Ia mengaku, masyarakat lebih tertarik dengan pohon-pohon penghasil seperti cengkih, agar lima tahun ke depan, selain dapat menjaga iklim, juga bisa berdampak terhadap kesejahteraan mereka.

“Dan yang paling penting untuk pohon pucuk merah ini bisa ditanam di pekarangan rumah, supaya kita membantu menghasilkan oksigen untuk Kota Ambon dan Maluku pada umumnya,” jelas Teria.

Ia berharap di tahun 2024 ini semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya menanam pohon dan menjaga lingkungan. Menurut dia, pohon merupakan investasi yang akan berdampak positif pada tahun berikutnya.

“Semoga masyarakat Kota Ambon terus rajin menanam pohon, supaya ke depan sudah banyak pohon yang tumbuh besar dan kota ini tidak panas. Kami MCC juga terbuka untuk siapa saja yang mau bergabung membagikan pohon gratis. Akan lebih baik banyak yang mau berkontribusi untuk kebaikan lingkungan Maluku ke depan,” ucapnya.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024