Ambon (Antara Maluku) - Sebanyak lima pasangan dinyatakan lolos verifikasi bakal calon  gubernur-wakil gubernur Maluku untuk pilkada yang dijadwalkan berlangsung pada 11 Juni 2013.

"Lima pasangan itu lolos verifikasi tahap II dan telah dibuatkan berita acara penetapan No.213/BA/IV/2013 tertanggal 23 April 2013," kata Ketua KPU Maluku, Idrus Tatuhey di Ambon, Rabu.

Lima pasangan yang dinyatakan lolos adalah Said Assagaff-Zeth Sahuburua (SETIA), Abdullah Tuasikal-Hendrik Lewerissa (BETA-TULUS), Abdullah Vanath-Marthin Maspaitella (DAMAI), Jacobus Puttileihalat-Arifin Tapi Oyihoe (BOBARA) dan Herman Koedoeboen-Daud Sangaji (MANTAP).

Pasangan "SETIA" diusung Partai Golkar, PKS , PPP, PAN, Pelopor dan PDS,  "BETA-TULUS" (Partai Hanura, Partai Gerindra, PBB, PBR, PKP I dan PKB), "MANDAT" (PDIP), "BOBARA" (Partai Demokrat dan PNI Marheins) serta "DAMAI"( 15 partai politik yang tidak miliki keterwakilan di DPRD Maluku).

Sementara pasangan dari jalur perseorangan, yakni Jack Noya-Adam Latuconsina sejak verifikasi tahap II tidak diproses lagi karena dukungan tidak sah dan jumlahnya dimanipulasi.

KPU Maluku memutuskan penetapan dan pengundian nomor urut calon Gubernur-Wagub Maluku periode 2013 - 2018 pada 26 April 2013.

Idrus memastikan tidak ada masalah soal dukungan dari partai politik terhadap lima pasangan bakal calon gubernur-wagub yang lolos verifikasi.

Pewarta: Lexy Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013