Ambon (Antara Maluku) - Perseroan Terbatas INPEX bersama Pengajar Muda Gerakan Indonesia Mengajar, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Maluku Tenggara Barat menyelenggarakan Pekan Edukasi Tanimbar (Pesta) di Saumlaki.

"Kerja sama ini kami lakukan untuk mendukung program Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2013, dan bertujuan meningkatkan kapasitas siswa dalam bidang akademik maupun nonakademik," kata Communication and Relations Manager INPEX Alfred Menayang dalam siaran persnya yang diterima di Ambon, Senin.

Ia berharap kegiatan yang berlangsung pada tanggal 26 April--2 Mei 2013 bisa menjadi motivasi bagi para pendidik dan seluruh pihak terkait untuk meningkatkan mutu pendidikan di Maluku Tenggara Barat.

"Ini merupakan kali kedua INPEX terlibat penuh dalam kegiatan serupa. INPEX menyadari arti penting investasi sosial dan komunikasi yang baik dengan para pemangku kepentingan, apalagi pendidikan sebagai salah satu fokus area bagi masyarakat Tanimbar," ujarnya.

Selain bidang pendidikan, INPEX telah dan akan terus melaksanakan berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat, antara lain, pelatihan pertanian organik, pengembangan budi daya rumput laut, dan pelatihan fasilitator.

Kehadiran Pesta 2013, kata dia, merupakan kelanjutan dari Kampanye Baca, Tulis, Hitung (Calistung) yang digagas Pengajar Muda angkatan sebelumnya.

Dalam acara tersebut digelar berbagai kegiatan, seperti pawai pendidikan, pameran pendidikan, kelas inspirasi, seminar pendidikan, dan beragam lomba yang diikuti para siswa, guru serta seluruh pemangku kepentingan di lingkungan pendidikan yang tergabung dalam 10 kontingen kecamatan.

Sejumlah lomba yang diadakan, antara lain, bercerita, membaca berita, "mading on the spot", "English speech contest", karya tulis ilmiah, serta "smart and flash".

INPEX adalah perusahaan multinasional yang bergerak dalam eksplorasi dan produksi minyak dan gas (migas) bumi yang berkantor pusat di Tokyo, Jepang, dan kini menjadi bagian dalam 75 proyek migas yang tersebar di 27 negara.

Sejak berdiri pada tahun 1966, perusahaan ini telah berkontribusi dalam kegiatan industri migas Indonesia dan merupakan pionir eksplorasi laut dalam.

Saat ini, INPEX bersama mitra usahanya berpartisipasi dalam pengembangan 11 blok migas yang tersebar di seluruh Indonesia, dan berperan sebagai operator di Blok Masela dan Babar Selaru.

Pada tahun 2000, INPEX Masela Ltd berhasil menemukan Sumur Abadi dengan cadangan gas yang signifikan di Blok Masela, Laut Arafura, Maluku.

Pada tahun 2010, pemerintah Indonesia memberikan persetujuan untuk pengembangan lapangan abadi secara bertahap.

Dalam waktu dekat, kata dia, INPEX Masela Ltd juga akan mengebor tiga sumur baru di dalam lokasi lapangan abadi dan satu sumur akan dibor di prospek yang baru, semuanya ada di dalam Blok Masela.

Konsep terminal LNG terapung (FLNG) akan dibangun pada pengembangan tahap pertama untuk kapasitas produksi 2,5 mtpa (million ton per annum).

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013