Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) dan Vrije Universiteit Amsterdam menjajaki kerja sama pengembangan riset dan penelitian untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM).

"Hari ini kami menerima kunjungan dari Vrije University Amsterdam, dalam rangka membicarakan kerja sama internasional antarperguruan tinggi terkait peningkatan SDM, " kata Rektor IAKN Ambon, Yance Z. Rumahuru, di Ambon, Jumat.

Rektor berharap melalui adanya kunjungan ini IAKN Ambon dapat membangun kerja sama dengan Vrije University Amsterdam.

Manajer program Kerjasama Vriej Universiteit, Wendelien Tuijp mengatakan, pihaknya menyambut baik peluang kerja sama dengan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon.

Hal ini dapat dimulai dengan menindaklanjuti berbagai peluang kerja sama di tingkat fakultas maupun program studi (Prodi), seperti kuliah tamu, pemateri pada seminar dan konferensi, dan visiting professor.

Selain itu membentuk kelompok penelitian yang melibatkan para dosen di Vrije Universiteit Amsterdam dan IAKN Ambon, serta berkolaborasi dalam mengembangkan SDM yang ada di IAKN Ambon.

"Diharapkan kerja sama tersebut sepenuhnya mendukung Tridharma dan bisa sampai pada riset bersama yang hasilnya dapat dipublikasikan, " katanya.

IAKN Ambon resmi beroperasi pada April 1999 dengan nama Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri (STAKPN) Ambon, kemudian berubah status menjadi institut pada Maret 2018.

Untuk jenjang pendidikan S1, IAKN Ambon memiliki tiga fakultas, yakni Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, Fakultas Sosial Keagamaan, dan Fakultas Seni Keagamaan Kristen yang membawahi sembilan program studi.

Program Studi Pendidikan Agama Kristen di IAKN Ambon masih menjadi satu-satunya program pendidikan keagamaan Kristen di Indonesia yang sudah terakreditasi A.

Selain program pendidikan S1, IAKN Ambon juga memiliki jenjang pendidikan S2 untuk Program Studi Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gerejawi yang terakreditasi B, dan S3 untuk Pendidikan Agama Kristen yang masih terakreditasi C.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024