Bakti sosial berupa kegiatan donor darah yang dilakukan Basarnas Ambon, Maluku menyambut HUT Basarnas ke-52 tahun ini berhasil mengumpulkan sekitar 55 kantong darah.

"Puluhan kantong darah dari berbagai pendonor yang terkumpul ini kami sumbangkan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Ambon untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan," kata Kepala Basarnas Ambon, Maluku Muhammad Arif Anwar di Ambon, Kamis.

Kegiatan bakti sosial donor darah menyambut HUT Basarnas ke-52 yang jatuh pada tanggal 28 Februari 2024 itu menggandeng PMI Kota Ambon.

Berbagai unsur potensi SAR hadir dalam aksi sosial ini diantaranya, Yonmarhanlan IX Ambon, Bakamla Zona Timur, Polairud Polda Maluku, Guspurla III, Lanud Pattimura, DWP UP Kansar Ambon, serta anggota internal dan honorer Kantor SAR Ambon.

"Tidak hanya donor darah namun masih ada sejumlah kegiatan juga akan kami laksanakan menyambut HUT Ke-52 Basarnas nanti diantaranya kunjungan ke beberapa panti asuhan, ziarah makam pahlawan, dan beberapa lomba bagi anggota internal kami," ucap Muhammad Arif.

Menurut dia, acara yang dilaksanakan serentak pada seluruh Kantor SAR di Indonesia ini diawali dengan sambutan Kepala Basarnas RI Marsdya TNI Kusworo lewat video zoom di Kantor Pusat Basarnas, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kabasarnas menyampaikan terima kasih atas kehadiran serta partisipasi seluruh peserta termasuk unsur potensi SAR sekalian dalam acara yang mulia ini.

"Kegiatan donor darah ini merupakan simbol kepedulian dan keberanian kita untuk berbagi. Donor darah itu tindakan mulia yang sederhana namun berdampak luar biasa," ucap Muhammad Arif mengutip pernyataan Kabasrnas.

Karena setiap tetes darah yang disumbangkan pada hari ini sangat berarti untuk kehidupan setiap orang yang membutuhkan.

"Darah yang terkumpul dari kegiatan kita hari ini, memiliki potensi untuk menyelamatkan nyawa, memberikan harapan kepada mereka yang sedang berjuang melawan penyakit, pemulihan kesehatan, atau menghadapi keadaan darurat," tandasnya.
Menyambut HUT Basarnas ke-52, bakti sosial Basarnas Ambon mengumpulkan 55 kantong darah.  (ANTARA/HO-Basarnas Ambon)

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024