Dinas Kominfo dan Persandian Kota Ambon berkolaborasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk optimalisasi fungsi Command Center (pusat kendali operasional yang berfungsi sebagai pusat koordinasi dan pemantauan untuk berbagai aspek).

"Kolaborasi dilakukan dengan OPD yang memiliki keterkaitan dengan data dan Informasi Command Center, seperti Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan, Disperindag, Dinas PUPR, SatPol PP, BPBD, BPPRD, dan Dishub, " Kata Plt Kepala Dinas Kominfo Kota Ambon Ronald H. Lekransy di Ambon, Sabtu.

Ia menjelaskan, selama ini command center hanya dilihat sebagai ikon Ambon smart city, yang dilengkapi teknologi canggih, sehingga kolaborasi antar OPD untuk mendekatkan semua infrastruktur dan data informasi memudahkan pelayanan publik setiap OPD.

Secara normatif, Command Center merupakan pusat kendali yang dapat mengontrol keadaan di ruang lingkup tertentu, di pemerintahan menjadi ruang kendali yang dapat mengamati kota secara terpusat.

"Bahkan, pemimpin daerah bisa mengambil keputusan di ruang kendali terpusat itu dengan basis data real time," Katanya.

Pihaknya juga memaparkan fungsi pengamatan terhadap tapping box yang dipasang pada tempat wajib pajak yang terkoneksi langsung dengan dashboard Command Center, untuk mempermudah petugas untuk mengawasi wajib pajak.

Termasuk fungsi lainnya, seperti pemantauan kamera pengawas pada Ruang publik, arus lalu lintas, titik pembuangan sampah, Daerah Aliran Sungai (DAS) , dan pengawasan fungsi aplikasi seperti SIMAK, SIMDATIK, dan fungsi lainnya.

"Ini upaya untuk kita membangun sinergi dalam mewujudkan Ambon sebagai Kota Cerdas -Smart City- melalui tugas dan fungsi di setiap OPD, " katanya.

Ronald H. Lekransy  juga berharap, melalui pertemuan ini pengoptimalan infrastruktur IT Command Center yang merupakan aset Pemkot, dapat dimanfaatkan dengan baik oleh OPD yang mempunyai keterkaitan langsung.

Selain itu tidak menutup kemungkinan Dinas Kominfo akan memfasilitasi OPD dalam melakukan pelayan publik berbasis elektronik di segala bidang.

Perwakilan OPD juga diajak untuk melihat lebih jelas hubungan antara fungsi kontrol yang dilakukan di ruang Command Center terhadap kamera pengawas dan aplikasi pendukung.

"Mari kita bangun Maluku dan Indonesia dari Kota Ambon, berbasis data," katanya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024