Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Maluku menyiapkan infrastruktur pendukung pembentukan Computer Security Incident Response Team (CSIRT) sebagai upaya menjamin keamanan informasi.

Badan Siber dan Sandi Negara( BSSN) telah menetapkan Kota Ambon bersama 31 pemerintah kabupaten dan kota lainnya sebagai salah satu prioritas nasional pembentukan tim respons keamanan siber.

"Pemkot Ambon melalui Diskominfo telah menyiapkan berkas administrasi dan infrastruktur penunjang CSIRT, berupa penetapan SK wali kota dokumen serta administrasi dan sumber daya pendukung," kata Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan peningkatan keamanan serta kapasitas SDM lingkup pemkot penting untuk menghadapi dampak positif dan negatif era digitalisasi saat ini.

Pada era digitalisasi ini, katanya, semua hal menjadi mudah dan pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih cepat.

Baca juga: Pemkot Ambon fokus kembangkan sektor pariwisata di RPJPD 2025-2045

"Hal ini merupakan dampak positif. Tetapi di sisi lain ada dampak negatif yang juga mengancam jika kita tidak hati-hati dan tidak menyiapkan diri untuk melakukan pengaman terhadap berbagai aplikasi," katanya.

Pemkot, katanya, tidak luput dari ancaman kejahatan siber sehingga pihaknya berterima kasih kepada BSSN yang telah melakukan berbagai inovasi guna menyiapkan diri untuk menjaga berbagai serangan dari pihak- pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Kita akui bahwa penggunaan internet perlu memperhatikan masalah keamanan siber. Hal ini disebabkan karena kurang adanya kesadaran, bahkan minimnya pengetahuan, termasuk wawasan kita kurang terkait dengan cyber crime (kejahatan siber)," katanya.

Pihaknya berharap, melalui kegiatan bimbingan teknis, kapasitas dan pemahaman SDM pemkot semakin meningkat.

"Atas nama pemkot kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada BSSN yang telah meluangkan waktu dan tenaga untuk datang, dan berkomitmen memperkuat kapasitas dan membangun ketersediaan SDM yang mumpuni dalam melaksanakan tugas CSIRT bagi seluruh OPD lingkup pemkot, " ujarnya.

Baca juga: Pemkot Ambon ajak tokoh agama berantas penyakit masyarakat

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024