Sejumlah harga kebutuhan pokok di Pasar Sentral Gamalama Ternate, Maluku Utara, (Malut) menjelang bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah relatif naik, terutama untuk  kebutuhan daging sapi dan ayam potong.

"Hingga hari ini, harga daging sapi alami kenaikan dari Rp120 ribu per kilogram  naik menjadi Rp140 ribu per kg, begitu pula untuk ayam potong masih Rp35 ribu per potong naik menjadi Rp45 ribu per potong," kata salah seorang pedagang di Pasar Higienis  Ternate, Asifah di Ternate, Sabtu.

Harga daging ayam dan daging sapi  naik dua hari terakhir menjelang bulan suci Ramadhan dan hingga saat ini belum mengalami penurunan.


Sementara itu, Plt Kadis Perindag Kota Ternate, Nursida DJ Mahmud ketika dihubungi menyatakan, kebutuhan daging ayam potong dan sapi alami kenaikan, tetapi saat ini tetap tersedia di Pasar Higienis dan Sentra Gamalama Kota Ternate.

Dia menyebut, menjelang bulan suci Ramadhan memang sejumlah kebutuhan pokok sempat mengalami kenaikan, akan tetapi, sejumlah kebutuhan pangan lainnya mulai normal

Sebelumnya, tercatat untuk harga beras medium misalnya, biasanya dijual Rp14 ribu per kilogram, naik menjadi Rp16 ribu per kilogram dan harga beras berkualitas tinggi dari Rp18 ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp19 ribu per kilogram.

Kenaikan harga ini karena saat membeli di distributor harganya telah dinaikkan, sehingga pedagang harus menyesuaikan dengan harga tersebut, jika tidak maka pedagang tidak mendapatkan keuntungan.

Berdasarkan pantauan, untuk harga sejumlah pangan di Kota Ternate, dalam sepekan terakhir mengalami kenaikan dan melonjaknya harga itu terutama untuk jenis bawang, cabai, tomat hingga bawang merah.

 Kenaikan berbagai kebutuhan pokok terutama untuk bawang putih dari Rp40 ribu per kilogram  naik menjadi Rp60 ribu per kilogram, begitu pula, untuk kebutuhan bawang merah mengalami kenaikan dari harga Rp60 ribu per kg menjadi Rp65 ribu per kilogram dan kenaikan itu akibat tingginya permintaan.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024