Bupati Halmahera Selatan (Halsel) Hasan Ali Bassam Kasuba menegaskan bahwa Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-30 Halsel bukan sekadar lomba mencari juara tetapi juga sebagai ajang untuk syiar Islam hingga berbagai pelosok daerah tersebut.

"Selain itu, saya ingatkan bahwa MTQ memiliki makna yang lebih luas dan mendalam, serta sebagai ajang lomba untuk mencari para juara, kegiatan MTQ ini sesungguhnya merupakan bentuk syi’ar Islam untuk memasyarakatkan budaya membaca dan memahami Al-Qur’anul Karim kepada masyarakat, agar kandungan nilai-nilainya dapat teraktualisasikan dalam kehidupan kita sehari-hari," kata Hasan saat menutup MTQ ke-30 Halsel, Sabtu.

Bupati juga mengapresiasi seluruh pendukung acara dan peserta yang telah mendukung penuh dan ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten Halsel ini. Ia berharap penyelenggaraan yang baik dan bahkan lebih baik lagi dapat dilaksanakan di tahun mendatang.

Dia mengungkapkan, apabila sungguh-sungguh dilaksanakan, maka suasana religius yang sangat terasa saat MTQ berlangsung tidak akan berlalu begitu saja saat pelaksanaannya selesai. Namun, tetap menjiwai seluruh dinamika kehidupan masyarakat di kabupaten Halsel.

Dalam sambutannya, dirinya mengucapkan selamat kepada para pemenang dan mengajak masyarakat untuk menyambut bulan suci Ramadan dengan suka cita.

Dia menyebut acara yang berlangsung 1-7 Maret 2024 tersebut telah berjalan dengan lancar, aman, tertib dan sukses, baik sukses penyelenggaraan maupun sukses menggali potensi qori dan qoriah, hafiz dan hafizah dari berbagai cabang lomba dan golongan.

Sementara itu, Camat Makian Barat Ujud Rajilun mengapresiasi para kafilah dari wilayahnya yang ambil bagian dalam MTQ ke-30 Halsel dan menjuarai empat mata lomba yakni Lomba Tilawah Putri Dewasa, Lomba Tilawah Putri Anak, Hafalan 10 Juz Al Quran dan Kaligrafi Kontemporer.

"Pesannya, selalu belajar mengasah kemampuan masing - masing peserta, serta bagi peserta yang menjuarai lomba di MTQ yang di Pusat di Masjid Raya Labuha di Kecamatan Bacan itu, harus dipertahankan," kata Ujud Rajilun.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024