Ternate (Antara Maluku) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut), turun ke lapangan untuk sosialisasi pengobatan penyakit kusta kepada masyarakat pesisir.

Masyarakat belum memiliki kesadaran. Ada yang merasa malu berobat penyakit kusta, kata Kadinkes Pulau Morotai, dr Diana Pinangkaan di Ternate, Kamis.

Menurut dia, saat ini di Morotai masyarakat menganggap bahwa penyakit kusta itu sulit disembuhkan, yang sebenarnya tidak seperti itu. Kusta merupakan salah satu penyakit yang dapat disembuhkan.

Pemkab Morotai mendapatkan bantuan dan dukungan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan untuk memberikan obat khusus penyakit kusta.

Penderita harus berani mengobati penyakitnya di Puskesmas. Dijamin dalam waktu enam bulan bisa disembuhkan dengan menggunakan obat khusus.

"Kami punya obat khusus dari Kementerian yang dikemas dalam satu paket, jika penderita kusta melakukan perawatan secara rutin maka dalam waktu enam bulan penyakitnya bisa disembuhkan," ujar Diana.

Dari hasil pendataan 2012 terdapat 12 penderita kusta yakni 10 orang terdeteksi penyakit kusta basah, sementara dua orang mengalami kusta kering. Pada 2013, ada 10 orang penderita meliputi kusta kering dua orang dan delapan orang kusta basah. 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013