Yayasan As Syifa Jakarta yang dikelola oleh Dr Al Habib Abubakar Bin Hasan Al Attas Azzabidi, bekerja sama dengan Yayasan Chairunisah menyalurkan zakat kepada 399 penderita kusta di kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut).

"Setiap tahun pada bulan suci Ramadhan melalui Yayasan As Syifa menyalukan bantuan kepada 399 penerima, terdiri atas penderita kusta, disabilitas kusta, dan pengelola program kusta di delapan Puskesmas dalam wilayah Kota Ternate," kata Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Ternate Syarif Sabatun saat dihubungi di Ternate, Sabtu.

Syarif menjelaskan, penyerahan santunan tersebut merupakan bentuk kepedulian untuk berbagai dan meringankan beban yang telah dilaksanakan sejak tahun 2016 bagi penderita kusta yang ada di kota Ternate.

Selain itu, kata Syarif, setiap bulan juga disalurkan bantuan beras 10 kg untuk meringankan beban kepada para penderita kusta dan disabilitas kusta di delapan Puskesmas dalam Kota Ternate tersebut.

Karena itu, Pemerintah Kota Ternate menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dr (HC) Al Habib Abubakar Bin Hasan Al Attas Azzabidi dan Yayasan As Syifa Jakarta yang telah membantu dan meringankan beban bagi penderita kusta.

"Semoga Allah berikan panjang umur, kesehatan, dan istigamah sehingga santunan yang di berikan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan, Insya Allah akan memberi manfaat dan berkah bagi kita semua," katanya.

Sementara itu, Pengelola Yayasan As Syifa Jakarta dr Muhammad Alhabsyi mengatakan, setiap tahun Yayasan AS Syifa Jakarta bekerja sama dengan Yayasan Chairunisah melakukan penyaluran zakat bagi yang berhak menerima di daerah Provinsi Malut.

Penyerahan yang didampingi Dr Said Assagaf, mewakili dari Yayasan Chairunisah untuk ikut menyaksikan penyaluran zakat bagi 399 penderita kusta di kota Ternate, dengan total anggaran sebesar Rp399 juta.

Pada kesempatan itu, dr Muhammad Alhabsyi menyampaikan beberapa pesan penting, di mana saat ini kondisi ekonomi dengan harga beras melambung tinggi sehingga jangan kita lupakan bershalawat kepada Rasullulah SAW dan para keluarganya.

Selain itu, bagi para penderita kusta yang sedang menjalankan pengobatan, diminta agar minum obat secara rutin sampai tuntas, sehingga Insya Allah terbebas dari kuman kusta.

Abubakar bin Hasan Al Attas Azzabidi sangat antusias membantu seluruh masyarakat khususnya bagi penderita kusta dan penderita HIV yang sudah berjalan selama sepuluh tahun di Provinsi Maluku Utara.

Bahkan, keinginan Habib Abubakar Al Attas, apa yang telah dibuat oleh Yayasan AS Syifa di Kota Ternate selama sepuluh tahun itu sebagai perangsang, tentu ke depan diharapkan Pemprov Malut maupun Pemerintah Kota Ternate lebih dominan untuk dapat memberikan santunan kepada yang berhak menerimanya.

Habib Abubakar bin Hasan Al Attas Azzabidi juga mengapresiasi salah seorang bernama Aman Umar Bakker, atas pengabdian dan selalu memberikan penanganan terhadap penderita kusta yang luar biasa, terutama bagi daerah yang tidak dapat dijangkau oleh petugas kusta dapat teratasi.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024