Ambon (Antara Maluku) - Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) menetapkan pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Ambon model PPID secara nasional.

"Semangat Pemkot Ambon dalam membangun iklim keterbukaan mendapat apresiasi. Setelah ditetapkan sebagai salah satu daerah percontohan Open Government Indonesia (OGI), selanjutnya kami menetapkan PPID Ambon sebagai role model PPID secara nasional oleh Kementerian Dalam Negeri," kata Deputi IV UKP4 Tara Hidayat di Ambon, Jumat.

Menurut dia, inisatif OGI yakni pembentukan PPID di Kota Ambon pada Desember 2012, kemudian ditindaklanjuti dengan SK Wali Kota Ambon Nomor 24 tahun 2013 tentang pembentukan PPID pada Januari 2013.

"Desember 2013 kita lakukan kick off program, ditindaklanjuti dengan dikeluarkannya SK Wali Kota Ambon tentang pembentukan PPID pada bulan Januari 2013 dan terus berproses dengan Standar Operasional Prosedur Maret 2013," katanya.

Tara mengatakan, pemilihan PPID Kota Ambon sebagai role model Pembentukan PPID di seluruh daerah di Indonesia. Hal tersebut dituangkan langsung dalam program Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, kepada seluruh Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

Pemilihan PPID Ambon sebagai role model, katanya, tidak hanya dilihat dari kecepatan Pemkot Ambon meresponi pembentukan PPID, tetapi juga sinergitas instansi terkait dalam pembentukan lembaga tersebut.

"Pembentukan PPID merupakan salah satu target output OGI di Kota Ambon selama enam bulan selain Open Budget dan Open School," ujarnya.

Ia menjelaskan, pembentukan PPID sebagai infrastruktur utama layanan informasi merupakan hal yang sifatnya fundamental, sesuai amanat UU nomor 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

"PPID adalah unit yang bertanggungjawab mengelola dan menyediakan informasi sesuai amanat Undang-Undang," kata Tara.

Keberhasilan tersebut, lanjutnya, UKP4 selaku pelaksana OGI, memberikan apresiasi kepada Pemkot Ambon.

Ia berharap prestasi ini akan menjadi motivasi bagi Pemkot untuk terus melakukan implementasi program OGI demi memajukan masyarakat Ambon.

"Kita patut bangga dan memberi apresiasi atas prestasi ini, karena masih banyak daerah lain di Indonesia yang belum memiliki PPID," tandasnya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013